[Ekspedisi Tawangmangu] Bermalam di Hotel Pringgosari, hotel persinggahan Soekarno

Suasana sore hari halaman Hotel Pringgosari Tawangmangu (Doc. Peserta Live in Hotel Pringgosari 2020)
DIREKTORIJATENG.COM – Perjalanan dari Semarang ke Tawangmangu Kabupaten Karanganyar ditemani cuaca cerah, meskipun saat saya dan rombongan Live in Hotel Pringgosari sampai di hotel disambut gerimis, Kamis (12/2/2020).

Saya dan rombongan tiba di hotel sekitar pukul 17.30 WIB setelah mengunjungi Kampung Wisata Bahasa Patel dan Rumah Atsiri Indonesia. Yang menarik dari hotel ini, konon, salah satu kamarnya pernah disinggahi presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Selain Soekarno, tidak jarang petinggi Jawa Tengah juga menginap di hotel ini saat mengunjungi Karanganyar. Jangan khawatir, sampai saat ini  kamar hotel tersebut juga masih disewakan untuk umum loo.

Saya mendapatkan kamar nomor 14 bersama kawan saya dari Cilacap, Linatus Sofiah. Di kamar yang saya tempati, ada tempat tidur yang nyaman, televisi, meja rias, almari dan kamar mandi dengan fasilitas air hangat. Kamar tidak dilengkapi dengan AC, karena udara di kawasan puncak Tawangmangu sudah cukup dingin.

Hotel Pringgosari terletak di Jalan Grojogan Sewu Desa Karangsari Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Lokasi hotel cukup dekat dengan beberapa tempat wisata di Karanganyar, seperti air terjun Grojogan Sewu, Rumah Atsiri Indonesia, Candi Sukuh, Candi Ceto, Bukit Sekipan, Taman Miniatur Dunia, Lawu Park, Paralayang dan masih banyak lagi.




Hotel Pringgosari merupakan salah satu dari empat hotel yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kepala Bidangan Pengembangan Destinasi Pariwisata Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Wawan Prambudi menjelaskan bahwa selain di Karanganyar juga masih ada hotel yang dikelola Pemprov jateng. Seperti di Baturraden, Kopeng dan Karimunjawa.

“Hotel pemrov, saat ini, memang belum berkelas bintang. Namun masih layak untuk dikunjungi untuk menginap,” jelas Wawan.

Teman-teman jangan berfikir hotel ini adalah hotel yang modern. Hotel Pringgosari masih mempertahankan konsep bangunan lama yang terawat. Suasana hotel yang assri dan sejuk juga menjadi daya tarik hotel.

Fasilitas Hotel Pringgosari
Hotel Pringgosari menyediakan fasilitas 14 kamar inap dengan total kapasitas normal 36 orang dengan tiga tipe kamar: Anggrek, Mawar dan Melati. Selain kamar, hotel juga menyediakan aula dengan kapasitas 250 orang serta mushala dengan ukuran yang tidak terlalu besar di sebelah bangunan utama hotel. Di depan mushola juga ada ayunan yang bisa kita gunakan untuk berjemur di pagi hari.

Hotel juga menyediakan fasilitas wifi untuk mengatasi kesulitan akses internet karena lokasi hotel tidak mendukung beberapa kartu layanan internet.

Tarif Hotel Pringgosari
Ada tiga tarif harga berdasarkan hari, yaitu hari biasa, akhir pekan dan hari raya natal atau tahun baru. Berikut rinciannya.

Hari biasa
Kamar anggrek                                  Rp225.000
Kamar mawar                                    Rp150.000
Kamar melati                                     Rp100.000
Transit kamar melati                          Rp75.000

Akhir pekan
Kamar anggrek                                  Rp250.000
Kamar mawar                                    Rp175.000
Kamar melati                                     Rp125.000

Hari raya/natal/tahun baru
Kamar anggrek                                  Rp300.000
Kamar mawar                                    Rp225.000
Kamar melati                                     Rp175.000

Hotel juga menyediakan extra bed. Apabila pengunjung hotel yang menginap melebihi 36 orang maka akan dikenakan biaya tambahan air sebesar Rp200ribu untuk 14 orang. Harga di atas belum termasuk PPN.

Itulah sederet informasi tentang Hotel Pringgosari Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "[Ekspedisi Tawangmangu] Bermalam di Hotel Pringgosari, hotel persinggahan Soekarno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel