[Ekspedisi Baturraden] Menjelajahi wisata alam Baturraden dan bermalam di Hotel Pondok Slamet

Kawasan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menyuguhkan wisata alam yang menakjubkan. Direktorijateng.com pada Februari 2020 lalu mengikuti ekspedisi jelajah wisata alam di Baturraden. Titik awal jelajah dimulai dari Hotel Pondok Slamet.

Penampilan depan Hotel Pondok Slamet Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. (direktorijateng.com)
Penampilan depan Hotel Pondok Slamet Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. (direktorijateng.com)

DIREKTORIJATENG.COM-- Langit yang cerah menyelimuti pemandangan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah saat saya bersama rombongan "Live in Pondok Slamet" turun dari bus yang berhenti di halaman Hotel Pondok Slamet, Kamis (13/2/2020). Udara segar menyambut. Pemandangan Gunung Slamet  yang menyembul di belakang gedung hotel tampak eksotis.

Kami tiba di hotel sekitar pukul 14.00 WIB. Kami lalu makan siang bersama di pendopo dan rehat sejenak. Saya kebetulan dapat kamar Mawar 4 bersama kawan M Dafi Yusuf.

Karena habis perjalanan panjang melintasi Tol Semarang-Pemalang dan jalanan panjang Pemalang-Baturraden, saya pun terlelap. Padahal rombongan sudah bersiap ke Baturraden Adventure Forest (BAF).

Di kamar Mawar yang saya tempati, ada tempat tidur empuk, televisi dan kamar mandi dengan fasilitas air hangat. Ruangan cukup bersih. Tidak ada AC nya karena udara di kawasan Baturraden sudah dingin.

Hotel Pondok Slamet letaknya cukup strategis karena dekat dengan sejumlah objek wisata alam Baturraden. Lokasinya masih satu kompleks dengan Lokawisata Baturraden di Jalan Raya Baturaden KM 14 Karangmangu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Karena masih satu kompleks, wisatawan cukup berjalan kaki dari hotel. Dan asyiknya, bisa masuk saat pagi hari ketika pengunjung masih sepi. Tentu akan menjadi kesan tersendiri.

Tak hanya itu, masih banyak objek wisata yang bisa dieksplor. Di antaranya, Baturraden Adventure Forest, Pancuran Pitu Baturraden, peternakan sapi perah di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturraden.

Hotel Pondok Slamet merupakan hotel yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Menurut Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Prambudi, Pemprov memiliki empat hotel yang berada sejumlah kantong pariwisata.

Selain di Baturraden Kabupaten Banyumas, ada juga hotel milik Pemprov di Karimunjawa Kabupaten Jepara, Kopeng Kabupaten Semarang dan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

"Empat hotel itu memang masih kelas nonbintang. Harapan kami walaupun nonbintang tetap dikunjungi tamu untuk menginap," kata Prambudi saat melepas rombongan Live in Baturraden.

Menurut Prambudi,  hotel yang dikelola Pemprov cukup bersaing dari sisi harga. Tarifnya sangat terjangkau. Penampilan fisik hotel juga tak kalah dengan hotel-hotel milik swasta yang ada.

"Dari sisi fisik 11-12 dengan hotel yang lain," katanya.

Fasilitas Hotel Pondok Slamet Baturraden


Hotel Pondok Slamet  cukup membuat pengunjung betah. Selain tempatnya yang asri dengan taman yang hijau dan udara yang sejuk, desain bangunan dan furnitur yang digunakan serasa di rumah sendiri. Parkir yang yang disediakan juga cukup luas.

Ada beberapa pilihan kamar yang bisa dipakai untuk menginap. Resepsionis Hotel Pondok Slamet, Ariyanto mengatakan, ada16 kamar dengan berbagai tipe, yaitu VIP, deluxe dan standar yang bisa jadi pilihan.

Kamar VIP lebih luas dengan interior lebih baik. Ruang VIP lebih mirip cottage dengan tiga kamar, ruang tamu dan dapur. "Interior di dalam kamar juga lebih bagus dan lebih luas," kata Ariyanto.

Pondok Slamet dilengkapi dengan fasilitas dalam kamar dan luar kamar. Ariyanto menjelaskan, di dalam kamar ada televisi, air panas, minuman teh, kopi dan sarapan pagi. Sedangkan fasilitas luar kamar ada wifi dan taman hijau.

Tarif kamar Hotel Pondok Slamet Baturraden


Ariyanto mengatakan, tarif kamar di Hotel Pondok Slamet Baturraden ada dua macam. Tarif untuk weekend dan tarif weekday.

Tarif kamar standar weekday tanpa sarapan Rp165 ribu. Sedangkan kamar deluxe weekday tarifnya Rp242.500. Adapun tarif kamar VIP Rp350 ribu tanpa sarapan. Jika tamu ingin ada sarapan, tarifnya beda.

"Tarif kamar weekend standar Rp192.500, kamar deluxe Rp275.000 dan kamar VIP Rp375 ribu perkamar," kata Ariyanto.

 

0 Response to "[Ekspedisi Baturraden] Menjelajahi wisata alam Baturraden dan bermalam di Hotel Pondok Slamet "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel