7 Cara Pencegahan Virus Corona

cara-mencegah-virus-corona

DIREKTORIJATENG.COM-Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid 19) sedang mewabah tidak hanya di negara asalnya Cina, namun hingga ke seluruh dunia bahkan Indonesia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr. Ahmad Yurianto mengumumkan penambahan 7 pasien positif Covid-19. Hingga saat ini total pasien sebanyak 34. Hal ini disampaikan pada saat keterangan Persnya di Istana Negara Rabu (11/03) sore.

Menghadapi hal itu, kita tidak boleh panik namun harus selalu waspada. Berikut adalah cara pencegahan terhadap virus corona yang dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Indonesia.

Pertama, sering mencuci tangan dengan sabun. Kita tidak menyadari banyak bakteri dan kuman yang menempel di tangan. Karena tangan merupakan media untuk menyentuh banyak benda dan aktivitas sehari-hari.

Organisasi kesehatan dunia, WHO merekomendasikan kepada semua orang untuk mencuci tangan agar terhindar dari berbagai penyakit seperti virus corona. Mencuci tangan dengan sabun efektif membunuh kuman dan bakteri seperti E.colli dan Salmonella yang dapat menyebar dari hewan ke manusia.

Muncuci tangan dengan sabun mungkin kurang praktis karena seseorang harus bolak-balik ke westafel. Solusinya, gunakan antiseptik atau hand sanitizer. Dengan kemasan botol yang minimalis dan mudah dibawa ke mana-mana.

Kedua, gunakan masker jika batuk atau pilek. Banyak orang yang salah kaprah dengan memborong masker di supermarket karena panik dengan maraknya virus corona. Padahal, menggunakan masker hanyalah untuk orang yang sakit, bukan untuk orang yang sehat. Jika Anda merasa tidak enak badan dan mengalami gejala pilek atau batuk, gunakanlah masker agar tidak menyebarkan virus penyakit kepada orang lain. Selain itu, orang yang sakit juga rentan terkena virus lainnya karena daya tahan tubuh melemah.

Ketiga, konsumsi gizi seimbang. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan juga makanan bergizi lainnya. Sayur dan buah sendiri merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, serta senyawa penting lain yang dibutuhkan tubuh, seperti antioksidan.

Keempat, hati-hati kontak dengan hewan. Hindari kontak dengan hewan yang sakit. Meski hingga sekarang belum ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti anjing dapat terinfeksi virus corona baru. Namun kita tetap harus berhati-hati, hindari kontak dengan kotoran hewan yang berpotensi terkontaminasi atau cairan di tanah atau struktur toko dan fasilitas pasar.

Sebagai antisipasi, saat mengunjungi pasar hewan hidup, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.

Kelima, rajin olahraga dan istirahat yang cukup. Untuk mencegah virus corona, seseorang harus menjaga daya tahan tubuh. Kondisi tubuh harus selalu fit untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus.

Tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup olahraga yang ringan seperti joging dan senam. Tidurlah dengan waktu yang cukup, jangan sampai kekurangan waktu untuk istirahat. Jika kelelahan seseorang lebih mudah sakit.

Keenam, jangan mengkonsumsi daging yang kurang matang. Hindari mengkonsumsi daging yang mentah atau kurang matang karena cenderung belum bersih serta mengandung kuman dan bakteri aktif. Sebelum dikonsumsi, daging disiapkan dengan baik dan bebas kontaminasi serta dimasak hingga betul-betul matang menyeluruh.

Ketujuh, bila mengalami gejala batuk, pilek, sesak nafas segera lakukan pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Jika Anda mengalami gelaja virus corona, segera lakukan konsultasi ke dokter untuk segera dicek.

Anda juga dapat menghubungi ke fasilitas kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah untuk menangani virus corona.

0 Response to "7 Cara Pencegahan Virus Corona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel