Mengintip Collabox Creative Hub, coworking space di Kota Semarang


Kota Semarang memiliki banyak komunitas kreatif. Mereka bergerak secara kultural mengembangkan potensi yang mereka miliki. Seiring dengan perkembangan itu, muncul ruang-ruang baru yang mencoba mengakomodir keberadaan komunitas kreatif. Satu di antaranya Collabox Creative Hub, sebuah coworking space atau ruang kerja bersama yang didesain kekinian untuk menunjang ekosistem komunitas kreatif Semarang.


DIREKTORIJATENG.COM- Pagi yang cerah, Jumat (7/2/2020). Saya bersama kawan Dias Safira berkunjung ke Collabox Creative Hub di Jalan Indraprasta No 74, Pendrikan Kidul, Kota Semarang. Kami disambut oleh Galang, community officer Collabox Semarang. Kami pun diajak mengintip ruang-ruang kreatif yang ada di Collabox. 

"Collabox itu tempat berkumpulnya komunitas atau pekerja seni yang bergerak di dalam ekonomi kreatif di Kota Semarang," kata Galang mengawali room tour kami. 

Galang mengajak kami menengok coworking space atau ruang kerja bersama di lantai 1. Desain coworking cukup menarik. Ruang kerja didesain kekinian. Ada rak buku minimalis, meja kerja, kursi, bean bag chair dan piano. Ada juga papan tulis untuk mendukung ide-ide kreatif komunitas. Di Collabox, ruang ini disebut CoWork Box.



Selanjutnya kami diajak untuk melihat Meeting Box di lantai 1 1/2. Galang menjelaskan, ruang tersebut digunakan untuk rapat komunitas. Ada meja dan kursi untuk meeting dengan kapasitas 12 orang. Ruangan juga bisa digunakan untuk maksimal 25 orang. Ruang rapat ditunjang dengan sound system, papan tulis. Ruangan terlihat artistiks dengan hiasan mural di tembok ruang rapat ini.

Kami juga dibuat kagum saat menyaksikan Thinking Box, atau ruang berpikir. Ternyata ruang ini adalah kamar mandi yang didesain artistik dengan hiasan mural. 

Ruang selanjutnya yaitu Art Box. Ruang ini berada di lantai 1. Komunitas bisa memerkan karya kreatifnya di ruang ini. Saat kami  berkunjung, ada banyak craft dan kain tenun yang dipajang. Juga lukisan portrait. Menurut Galang, pegiat kreatif juga bisa memilih ruang ini untuk bekerja. 

Di sebelah Art Box ada Office Box yang berfungsi sebagai privat office bagi pengusaha atau start uo yang membutuhkan kantor. Komunitas bisa menyewa dengan kontrak minimal enam bulan. Di lantai 2 juga ada private office lain yang dipadu dengan dapur. 

Di lantai 2 Collabox, ada ruang Event Box yang biasa digunakan untuk kegiatan diskusi, workshop, seminar dan sebagainya. Galang menjelaskan, ruang tersebut berkapasitas 50-60 orang. Ruangan dilengkapi dengan fasilitas kursi kuliah dan peralatan presentasi. Di bagian pojok juga ada kursi sofa empuk. 

Di ruang office lain kami juga melihat ada tim Tokopedia yang sedang ngantor di Collabox.

"Suka banget," kata Dias Safira usai menyaksikan ruang kreatif di Collabox.

Founder Collabox Semarang, Lina Soeratman mengatakan, sebagai creative hub Collabox menjadi wadah para entrepreneur dan para kreator bertemu untuk berkolaborasi. 

"Kita lagi berusaha untuk menciptakan ekosistem yang pas buat para kreator. Dari  beberapa kreator bisa untuk belajar meningkatkan skill, bertemu dan berkolaborasi dengan yang lain," katanya.

Lina menjelaskan, saat ini sudah ada beberapa pengusaha kreatif dan start up yang berkantor di Collabox. Ia juga membuka kepada komunitas kreatif yang ingin mengadakan kegiatan di Collabox. 

"Pameran, training, seminar dan banyak lagi," katanya.

Informasi lebih lanjut tentang Collabox bisa langsung klik website Collabox.id. (Abdul)

0 Response to "Mengintip Collabox Creative Hub, coworking space di Kota Semarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel