Kamu penggemar anggrek baru, begini cara pilih anggrek yang sehat

Anggrek yang sehat (direktorijateng.com/wiwidsaktia)
DIREKTORIJATENG.COM - Anggrek menjadi bunga sepanjang musim yang tidak pernah kehilangan penggemarnya. Kamu penggemar anggrek baru, ayo simak tips memilih anggrek komersil yang sehat

1. Daun segar
Tanaman anggrek yang sehat memiliki daun berwana hijau segar serta memiliki helaian yang kokoh dan tidak menutup. Tidak ada bintik-bintik hitam atau hangus karena sinar matahari. Bintik-bintik hitam bisa disebabkan karena serangan serangga ataupun jamur, sedangkan warna kusam atau pucat pada daun bisa disebabkan karena stress, salah pelakuan atau kurangnya penyinaran dan pemupukan.
Asumsi lain, daun yang berwarna hijau segar dan helaian kokoh menandakan perakaran kokoh dan perawatan tanaman yang baik.

2. Batang Kokoh
Batang yang sehat adalah batang yang gemuk dan kokoh. Batang yang lembek sebenarnya dapat diatasi dengan pemupukan N yang tinggi, namun hal tersebut baiknya dihindari karena bisa menyebabkan tanaman mudah loyo dan busuk. Sedangkan tanaman dengan batang kurus menandakan kurangnya pemupukan dan penyiraman.
Sebagai tanaman hias, bunga menjadi bagian anggrek yang paling menarik, namun bukan berati bagian batang dan daun tidak diperhatikan. Sebelum berbunga, proses yang harus dilewati adalah pertumbuhan batang dan daun. Bila terjadi keterlambatan pertumbuhan batang dan daun, dapat dipastikan anggrek mengalami keterlambatan atau bahkan tidak berbunga sama sekali.

3. Teliti Morfologinya
Teliti morfologi anggrek dengan benar. Jangan sampai ada bagian anggrek yang tidak baik seperti leher batang yang mulai busuk, daun kuning sebagian, tangkai yang membusuk, ataupun tangkai yang tidak utuh.
Jika sudah terlanjur membelinya, kamu bisa memotong bagian anggrek yang tidak sehat kemudian memberi bakterisida dan fungsida pada bagian yang kamu potong.

4. Bekas Tangkai Banyak
Jika anggrek yang kamu beli dalam kategori dewasa, pilihlah anggrek dengan bekas tangkai yang banyak. Asumsinya anggrek tersebut rajin berbunga.  
Tips lain, jika kamu ingin menikmati keindahan bunga anggrek lebih lama, pilihlah anggrek yang memiliki kuntum setengah mekar atau belum mekar.

Demikian tips memilih anggrek secara sederhana. Semoga bermanfaat. Sebelum kamu membawa anggrek pulang, pastikan kamu sudah menanyakan cara merawat anggrek yang baik dengan penjualnya yaa..

Sumber: PPT Pelatihan PT Augerah Anggrek Nusantara

0 Response to "Kamu penggemar anggrek baru, begini cara pilih anggrek yang sehat"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel