Daftar wisata di Kudus Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi

DIREKTORIJATENG.COM-- Kabupaten Kudus menyimpan kekayaan berlimpah. Terutama kekayaan budaya dan sejarah. Dari sisi sejarah, Kudus menjadi bagian dari narasi penting pengembangan agama Islam di Jawa. Sementara dari segi budaya, banyak ikon yang menjadi tetenger bahwa Kudus memiliki peradaban yang cukup tinggi. 

Karenanya Kudus sangat cocok jadi jujugan para wisatawan. Sebagai gambaran, berikut ini sejumlah objek wisata di Kabupaten Kudus yang wajib kamu kunjungi.

Museum Kretek 


Museum Kretek Kudus berada di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Sekitar 2 km dari pusat kota. Cek lokasinya di sini.

Museum ini menyimpan sejarah perjalanan kretek dari segi industri dan sosial budaya.

Kisah tersebut disajikan dalam bentuk diorama. Pengunjung bisa menangkap suasana pembuatan kretek di masa lalu. Melihat peralatan yang digunakan hingga siapa tokoh berpengaruh dalam industri kretek di Kudus. Niti Semito adalah tokoh kretek yang melegenda pada 1900-an.

Selain diorama, museum dilengkapi dengan ruang audio vidual yang menyajikan film dokumenter tentang Kudus Kota Kretek.

Rumah Adat Kudus


Selain menyajikan kisah kretek, museum Kretek Kudus juga menampilkan rumah adat Kudus. Bangunan rumah adat Kudus 85% dibuat dari bahan kayu jati. Rumah ini menggunakan sistem knock down dan kali pertama didirikan pada 1500-an.

Ukiran dalam rumah adat Kudus merupakan paduan antara gaya Persia, Eropa dan Cina. Atapnya berbentuk joglo pencu. Hal itu menunjukkan adanya akulturasi budaya yang sangat kuat.

Tata ruang dalam rumah ada Kudus dibagi menjadi sejumlah bagian: sentong (ruang dalam), jagastru (ruang tamu), tritis (teras), pawon (dapur) dan kulah (kamar mandi).

Menara, Masjid dan Makan Sunan Kudus


Menara Kudus merupakan ikon budaya kebanggan warga Kudus. Bangunan ini terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kota Kudus.

Bangunan menara ini unik. Merupakan perpaduan antara desain arsitektur Jawa-Hindu-Islam. Bangunan disusun dari batu bata merah dengan tinggi sekitar 17 meter.

Menara yang berdiri kokoh di depan masjid ini dibangun Syeh Jafar Shodiq pada 1685. Sementara bangunan masjid didirikan pada 956 H. Ada batu tulis berbahasa Arab di bagian pengimaman yang menunjukkan angka tersebut.

Menara Kudus tak jauh dari pusat kota. Jaraknya hanya 1,5 km.

Tugu Identitas Kudus


Tugu Identitas Kudus ini berada di pusat perbelanjaan Kudus Plasa, Jalan Dr Lukmono Hadi dan Jalan Ahmad Yani. Cek lokasinya di sini. Lokasi berdirinya tugu ini menyimpan sejarah penting perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah.

Makam Sunan Muria dan Masjid Colo


Makan Sunan Muria berada di puncak Gunung Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe. Jarak lokasi Makam Sunan Muria dengan pusat kota sekitar 18 km. Kamu yang ingin berziarah bisa mencoba sensasi naik 7.000 anak tangga untuk mencapai kompleks makam. Kalau terlalu berat, kamu bisa naik ojek sepeda motor dari terminal Colo.

Air Terjun Monthel


Gunung Muria, selain memiliki Masjid Colo juga memiliki air terjun Monthel. Lokasinya bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan kaki dari masjid Colo. Jika kamu berkunjung ke Monthel, kamu bisa menikmati sejuknya air terjun dari ketinggian 50 meter.

Situs Patiayam


Situs Patiayam terletak di Desa Terban. Situs ini menyimpan kisah peradaban purba. Ada banyak fosil vertebrata dan manusia purba mengendap di lingkungan Patiayam. Saat ini sudah dibangun museum untuk menampung koleksi temuan fosil.

Hutan Kajar


Hutan Kajar berada di kawasan hutan pinus yang berjarak 3 km dari arah selaran Colo. Kawasan yang terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe Kudus ini sangat cocok untuk kegiatan kemah dan hiking.

Demikian daftar wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi. Informasi ini dikutip dari buku panduan wisata Provinsi Jawa Tengah. Semoga bermanfaat. (Abdul)

0 Response to "Daftar wisata di Kudus Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel