Daftar kuliner khas Kudus Jawa Tengah, kamu wajib nyoba

DIREKTORIJATENG.COM- Kabupaten Kudus yang kental dengan nilai sejarah dan budaya memiliki kekhasan dalam hal kuliner. Kuliner yang ada merupakan warisan dengan cita rasa yang masih terjaga. Apa saja? Berikut ini daftar kuliner khas Kudus, kamu wajib mencoba kalau berkunjung ke Kota Kretek ini.

Soto Kudus

Soto Kudus sudah menjadi salah satu ikon kuliner yang terkenal. Apa yang membedakan soto Kudus dengan yang lain? Soto Kudus menggunakan santan. Ada yang menggunakan suwiran daging ayam. Ada pula yang menggunakan daging kerbau. Wah, mau nyoba?

Nasi Pindang Kudus

Nasi pindang Kudus ini jangan dikira nasi dengan lauk ikan pindang yah. Nasi ini mirip dengan nasi rawon khas Jawa Timur. Bedanya hanya penggunaan daging, yaitu daging kerbau bukan daging sapi. Kuahnya tidak begitu kental dan cenderung manis dan gurih. Biasnaya nasi pindang disajikan di atas piring beralaskan daun pisang.

Jenang Kudus

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Jenang Kudus terbuat dari bahan tepung beras ketan, gula pasir, gula kelapa dan santan kelapa. Kekinian, jenang disajikan dalam varian rasa seperti original, durian, kopi dan sebagainya. Jenang Kudus yang sudah terkenal seperti Mubarok, Jenang 33, Kenia dan Asia Aminah.

Lentog Tanjung

Kuliner Lentog tanjung ini berasa dari daerah Tanjung. Itulah kenapa namanya disebut demikian. Makanan ini terdiri dari lontong, sayur nangka, opor tahu dan sambal. Ada taburan bwang goreng sebagai pelengkap yang disajikan di atas daun pisang. Wah!

Garang Asem

Garang asem sebenarnya makanan khas di pesisir Jawa Tengah, seperti Semarang, Pekalongan, Demak, Kudus dan Pati. Masakan ini berbahan dasar potongan ayam berkuah santan. Biasanya dibungkus daun pisang. Rasanya lebih dominan asam dan pedas. Sebab, bumbunya memakai belimbing sayur dan cabai. Bagi kamu yang ingin mencicipi garam asem Kudus bisa berkunjung ke Rumah Makan Sari Rasa di Jalan Agil Kusumadya, Kudus.

Sate Kerbau

Sate tentu sama dengan yang kita jumpai di banyak tempat. Hanya saja sate kerbau menggunakan bahan dasar daging kerbau. Bumbunya juga sedikit berbeda karena selain menggunakan kecap, bumbunya juga dicampur dengan kelapa (srundeng) dan kacang. Rasanya lebih mirip dendeng.

Ayam Kampung Bakar Colo

Hidangan ayam kampung bakar Colo ini disajikan dengan pecel kembang turi dan daun pakis pegunungan.

Ayam Goreng Kliwon Kasmini

Nah, makanan yang satu ini merupakan hidangan malam orang Kudus. Terdiri dari tahu semur dan ayam goreng dengan bumbu khas.

Tahu Telor atau Ndog

Tahu telor ini menyerupai tahu gimbal di Kota Semarang jika kamu pernah mencoba. Biasanya bisa dijumpai di sepanjang jalan Sunan Kudus, terutama di depan Rutan Kudus dan buka tiap malam hari.

Demikian daftar kuliner khas Kudus yang wajib dicoba. Informasi ini dikutip dari panduan wisata Jawa Tengah. Jika kau ingin tahu wisata apa saja yang ada di Kudus, bisa baca: daftar wisata di Kudus Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat. (Abdul)

0 Response to "Daftar kuliner khas Kudus Jawa Tengah, kamu wajib nyoba"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel