Bekerja sambil belajar lewat hobi, Abu Rifai tekuni Nesatopia tawarkan jasa kepenulisan

ahmad abu rifai, nesatopia
Bekerja sambil belajar lewat hobi, Abu Rifai tekuni Nesatopia tawarkan jasa kepenulisan. (dok)

DIREKTORIJATENG.COM-- Kata orang, menjadikan hobi sebagai pekerjaan merupakan hal menyenangkan. Kita bisa menyalurkan kesukaan di sana. Pada waktu yang sama, kita sekaligus bisa mendapatkan penghasilan. Inilah yang berusaha dilakukan Ahmad Abu Rifai. Lelaki asal Pati itu mencoba peruntungan dengan menawarkan jasa yang sesuai dengan hobi.

“Dari dulu, saya menyukai hal-hal dalam dunia tulis-menulis seperti penerjemahan, penyuntingan, dan penulisan kreatif. Setelah beberapa lama belajar, saya memutuskan membuka jasa,” tuturnya , Selasa (11/02/2020).

Abu melanjutkan, usahanya itu telah dimulai sekitar setahun lalu. Selama itu ia mendapatkan banyak tawaran dari skala kecil sampai besar. Hampir semua ia ambil. Selain karena harus profesional, Abu juga menganggap tawaran-tawaran itu sebagai tantangan dan sarana belajar menjadi lebih baik.

“Pada dasarnya, menolak pekerjaan bukan hal yang baik karena akan memengaruhi kredibilitas. Saat menerjemahkan, misalnya, saya terbiasa mengalihbahasakan dari mulai abstrak biasa hingga kumpulan jurnal dan buku. Kali lain, saya diminta menulis buku tertentu dan menyunting hasil karya orang lain. Secara akademik latar belakang saya itu Bahasa Inggris, jadi kalau ada tulisan dalam disiplin ilmu yang amat jauh seperti matematika dan gizi, saya bisa sambil belajar dan menantang diri,” katanya.

Saat ditanyai mengenai komplain atau protes mengenai hasil pekerjaan, pria yang masih menempuh pendidikan di prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Semarang itu tersenyum. Menurut Abu, pada dasarnya semua pekerjaan punya risiko ini. Untuk menanggulanginya, ia selalu terbuka untuk diskusi dengan klien agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Transaksi kerja harus transparan agar tidak ada yang dirugikan.

 Nesatopia, jasa penerjemahan, penyuntingan, penulisan buku dan bimbingan Bahasa Inggris.
Nesatopia, jasa penerjemahan, penyuntingan, penulisan buku dan bimbingan Bahasa Inggris.
“Dari awal, saya membiasakan diri untuk berdialog dengan klien. Semisal untuk penulisan, saya berikan mereka contoh langsung tulisan-tulisan saya di media massa maupun tidak. Mereka bisa memilih mau seperti apa. Nanti ada diskusi lagi saat naskah sudah jadi. Untuk masalah harga, semua juga bisa dibincangkan sejak awal,” ucap Abu.

Selama ini Abu telah melayani banyak klien dari berbagai latar belakang. Dari mulai mahasiswa, pekerja umum, dosen, bahkan doktor pun sudah pernah. Asal sesuai dengan kompetensi, lelaki yang beberapa kali menjuarai beberapa lomba penulisan tingkat provinsi hingga nasional itu mengaku siap menerima tawaran dari siapa saja.

Selain berkutat dalam dunia tulis-menulis, kini Abu juga menyediakan jasa bimbingan bahasa Inggris. Siapa pun yang berminat bisa menghubunginya via nomor telepon maupun media sosial. Jika ingin melihat karyanya

Telp/WA: 082231489538
Facebook: Abu Rifai
Instagram: aaburifai
Surel: ahmadaburifai@gmail.com

0 Response to "Bekerja sambil belajar lewat hobi, Abu Rifai tekuni Nesatopia tawarkan jasa kepenulisan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel