Balung Kuwuk Oemah Ceriping, cemilan gurih khas Semarang

Oemah Ceriping Jajanan Khas Semarang

DIREKTORIJATENG.COM- Cemilan yang satu ini tak lekang oleh waktu: balung kuwuk alias ceriping. Makanan ringan ini berbahan dasar ketela pohon. Biasanya disajikan dalam berbagai varian rasa sesuai selera.

Balung kuwuk dibuat secara tradisional dan berbahan alami. Ketela pohon biasanya dipotong-potong dalam ukuran tertentu, dimasak lalu digoreng.

Bagi kamu yang ingin menikmati cemilan ini tidak perlu susah-susah memasaknya. Sebab masih banyak produsen yang membuatnya.

Oemah Ceriping adalah satu di antara produsen balung kuwuk di Kota Semarang yang masih eksis. Saat ini, produsen yang beralamat di Perum Delta Asri 3 Cangkiran, Mijen itu menyediakan dua varian rasa, yaitu rasa original dan pedas.

Selain itu ada juga ceriping dari bahan ketela rambat. Rasanya pedas manis.
Oemah Ceriping Jajanan Khas Semarang

"Balung kuwuk Oemah Ceriping lebih renyah dan gurih ketimbang yang lainnya," kata Aris Mulyawan, Owner Oemah Ceriping Mijen, Jumat (21/2/2020).

Ia mengatakan, bahan ketela yang dipakai untuk produksi balung kuwuk berasal daerah sekitar, seperti Limbangan dan lainnya. Hal itu sesuai dengan prinsip Aris yang ingin memaksimalkan potensi lokal.

Aris mengatakan, produksi Oemah Ceriping terinspirasi dari banyaknya tanaman ketela di daerah sekitar tempat tinggalnya. Selain itu juga sebagai upaya nguri-uri jajanan tradisional.

"Meski jajanan tradisional, tapi kami kemas secara kekinian agar anak-anak muda suka," katanya.

Saat ini, lanjut dia, jajanan balung kuwuk ini masih dipasarkan untuk wilayah Kota Semarang. Harganya juga sangat terjangkau.

"Silakan yang mau pesan bisa menghubungi 081390903552," kata Aris.

Ternyata, balung kuwuk produksi Oemah Ceriping juga sudah sampai ke pelanggan asal Jepara, Ari Wibowo. Ia mengatakan, ceriping tersebut berbeda dengan ceriping yang ada di pasaran.

"Bumbunya sangat terasa dan sangat renyah. Cemilan ini cocok untuk teman ngobrol atau nonton bola bareng. Apalagi sambil ngopi," kata Ari.

0 Response to "Balung Kuwuk Oemah Ceriping, cemilan gurih khas Semarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel