Menyaksikan Serunya Nggambar Bareng di Klinik Kartun Gold Pencil



DIREKTORIJATENG.COM- Untuk kali pertama, komunitas kartun Gold Pencil atau Yayasan Pensil Emas Indonesia menggelar klinik kartun,  Minggu, 8 Desember 2019. Ada enam peserta yang ikut meramaikan klinik kartun yang diselenggarakan di sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Semarang, Jalan Nakula 2 No 5 Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang tersebut. 

Mereka yaitu Arnawa Ugra Wicaksana (SMA Negeri 11 Semarang), Rahma Sekar Aprilia (SMK Negeri 7 Semarang), Kamilah Nariswari Pasaribu (SMP Islam Hidayatullah Semarang), Dina Rizki (SMP Negeri 6 Semarang), Jihan Aulia (SMP Negeri 6 Semarang) dan Resendria Kejora (SMA Negeri 1 Ungaran).

"Klinik kartun ini untuk membekali kartunis yunior Gold Pencil mengikuti kontes kartun internasional," kata ketua Gold Pencil, Abdul Arif.

Para peserta mengikuti klinik kartun yang terbagi dalam tiga sesi. Pada sesi pertama, Abdul memberikan pengantar sekaligus pengarahan terkait kontes kartun internasional yang akan diikuti. Ia menjelaskan ketentuan kontes dan tema yang diangkat. Juga memberikan tip bagaimana menggali ide dengan tema yang telah ditetapkan. 

"Beberapa peserta klinik sudah mengenal teknik pengembangan ide yang kita sampaikan. Jadi tinggal mengeksplore apa yang sudah mereka bisa," kata Abdul.

Usai menerima arahan, di sesi kedua para peserta selanjutnya menggambar bersama dengan tema yang telah ditentukan. Para peserta menggambar dengan teknik dan gaya masing-masing. Ada yang menggunakan teknik menggambar manual, mewarnai dengan pensil warna. Ada pula yang menggambar secara digital. 

Setelah menggambar bersama, para peserta selanjutnya bertolak ke kediaman kartunis senior Jitet Kustana yang juga pendiri Gold Pencil di Jalan Candi Penataran Utara No 12, Kalipancur, Ngaliyan, Kota Semarang. Pada sesi ketiga itu, peserta mendapatkan evaluasi dan masukan terkait karya yang sudah dibuat sebelumnya. 

"Yang dibikin rata-rata mereka sampai kalau diadu di kontes internasional, berani. Nah dari sisi ide itu yang perlu diperkaya lagi. Perlu ditambah, kadang-kadang. Dari sisi pengungkapan simbol, pewarnaan, mana yang soft dan mana yang ditonjolkan," kata Jitet. (AS) 




0 Response to "Menyaksikan Serunya Nggambar Bareng di Klinik Kartun Gold Pencil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel