Jelang liburan, pelajar Kota Semarang asyik belajar animasi dan aplikasi android di Unissula



DIREKTORIJATENG.COM-- Masa liburan sekolah sebaiknya diisi dengan hal-hal kreatif. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pelajar di Kota Semarang ini. Mereka mengikuti pelatihan membuat animasi dan aplikasi android yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Workshop tersebut berlangsung selama dua hari, 10-11 Desember 2019 di Laboratorium Teknik Informatika.

Adalah Insania Maharani, siswi SMA Madisiswa Semarang satu di antara pelajar yang ikut serta dalam workshop tersebut. Menurut Insania, belajar animasi merupakan satu hal yang baru. Pelajaran animasi bahkan tak ada di sekolahnya. Itulah satu alasan mengapa ia tertarik mengikuti workshop tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Insania mendapatkan pelajaran menggambar karakter di aplikasi Anime Studio. Ia juga diajari membuat tulang-tulang pada karakter agar bisa digerakkan.

"Cara menggambar di komputer sebelumnya belum pernah saya lakukan. Menurut saya lebih gampang manual daripada di komputer," katanya.

Dalam workshop tersebut, Insania membuat karakter robot yang sedang menangkap kumbang. Karakter tersebut merupakan karya lamanya. Ia ingin karakter tersebut bisa digerakkan dalam animasi.

Insania tak merasa kesulitan saat belajar animasi. Sebab ada sejumlah mahasiswa Unissula yang turut mendapingi. Fasilitas laboratorium Teknik Informatika yang lengkap dan suasana yang asyik membuatnya nyaman belajar.

Selain Insania, ada juga Andi, Siswa SMK Asshodiqiyah Semarang yang ikut belajar animasi. Ia juga baru kali pertama belajar animasi. Meski demikian, ia sudah memiliki modal karena sudah terbiasa menggambar secara manual.

Sementara itu, Ragil Mirza Aryani, siswi SMK Negeri 4 Semarang mengaku tertarik ikut pelatihan android karena merasa tertantang. Sebelumnya ia belajar membuat website secara otodidak berbasis html. "Belajar sendiri selama magang tahun ini di BPMPK. Di sana diminta bikin aplikasi pembelajaran," katanya.

Meskipun pembelajaran saat workshop penuh dengan coding-coding, Aryani tak merasa kesulitan. Hal itu karena sudah terbiasa.

"Proyeknya membuat profil sekolah. Agak kesulitan kalau codingnya eror. Karena salah dalam penamaan,"katanya.

Adapun, workshop tersebut diampu oleh Sri Mulyono, Dosen Teknik Informatika Unissula. Ia mengatakan, workshop tersebut untuk mengisi waktu menjelang liburan sekolah. Workshop dilaksanakan dalam dua kelas, yaitu animasi dan aplikasi android.

Ia menyebutkan, ada 16 siswa dari berbagai SMA dan SMK di Kota Semarang dan sekitar yang bergabung di kelas animasi. Sementara di kelas android beberapa siswa.

Mulyono mendapingi siswa-siswi tersebut selama dua hari. Ia berbagi bagaimana membuat animasi sederhana menggunakan aplikasi Anime Studio. Mulai dari menggambar karakter, rigging, penambahan suara hingga latar belakang.

Ia berharap, workshop tersebut berlanjut. "Karena ini masih pertama kali. Tentu masih banyak kekurangan. Tapi, secara umum sudah bisa diikuti para siswa," katanya.

Workshop animasi dan aplikasi android tersebut merupakan hasil kerja sama antara Prodi Teknik Informatika Unissulad, komunitas kartun Gold Pencil dan Ayosemarang.com sebagai media partner.(AS)

0 Response to "Jelang liburan, pelajar Kota Semarang asyik belajar animasi dan aplikasi android di Unissula"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel