Cara meredakan hidung tersumbat pada bayi

Cara meredakan hidung tersumbat pada bayi
Ilustrasi bayi. (pixabay)
DIREKTORIJATENG.COM- Jika bayi bunda sedang mengalami hidung tersumbat, jangan panik. Ada cara untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi.

Hidung tersumbat adalah salah satu indikasi bahwa bayi bunda sedang sakit pilek. Menurut dokter Lucy Endang Savitri, Sp.A. & Fitri Rahayu, Amk. pilek disebabkan oleh berbagai macam virus, terutama Rhinovirus. Virus tersebut memiliki masa inkubasi 2 hingga 4 hari.

"Gejala pilek pada bayi biasanya lebih berat dibandingkan pada anak yang lebih besar," kata dokter Lucy dalam buku "P3 untuk Ananda di Rumah".

Gejala pilek yang dimaksud yaitu suhu badan naik secara mendadak, bayi banyak menangis/ rewel, bersin-bersin, serta selaput hidung membengkak, tersumbat sehingga kesulitan untuk bernafas.

Sementara itu, gejala pilek pada anak yang lebih besar ditandai dengan keluhan sakit tenggorokan, nyeri otot, pusing dan tidak nafsu makan.

Cara untuk mengatasi pilek pada bayi, bunda bisa memberikan pertolongan pertama dengan mengajak bayi untuk istirahat, memberi banyak minum, memberi obat penurun panas/pilek, dan memberikan kompres air hangat. Adapun untuk hidung bayi yang tersumbat, bunda bisa mengisap dan mengeluarkan lendirnya.

Jika pertolongan pertama tersebut belum juga sembuh segera bawa bayi bunda ke dokter.

Masih menurut dokter Lucy, vaksin untuk penyakit pilek memang belum ada. Untuk itu alangkah baiknya bunda mengambil langkah pencegahan. Misalnya jika bunda sedang pilek harus memakai masker saat berada di dekat bayi agar tidak menular. (AS)

0 Response to "Cara meredakan hidung tersumbat pada bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel