Kriteria kejuaraan sebagai nilai tambah dalam PPDB SMA Negeri di Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020

DIREKTORIJATENG.COM- Kejuaraan atau prestasi akademik maupun non akademik yang mendapatkan nilai tambah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri Provinsi Jawa Tengah harus memenuhi kriteria tertentu. Menurut Juknis PPDB pada SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020, kejuaraan yang dimaksud harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Tambahan nilai kejuaraan hanya diambil dari salah satu prestasi tertinggi tiap jenis cabang dari nilai kejuaraan yang diperoleh.
  2. Nilai Kejuaraan yang diakui adalah kejuaraan yang diperoleh selama menjadi siswa SMP/MTs atau sederajat dari kejuaraan yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan, dengan penjelasan :
  • Kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/ sayembara tingkat kabupaten/kota diselenggarakan oleh instansi di tingkat kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai agenda Pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
  • Kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara tingkat provinsi diselenggarakan oleh instansi di tingkat provinsi yang ditetapkan sebagai agenda Pemerintah Provinsi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Kejuaraan  dicapai dalam kapasitas mewakili kabupaten/kota pada kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara di tingkat provinsi.
  • Kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara tingkat Nasional diselenggarakan oleh Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang ditetapkan sebagai agenda Nasional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Kejuaraan dicapai dalam kapasitas mewakili Pemerintah Provinsi pada kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara di tingkat Nasional.
  • Kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara tingkat Internasional yang diakui oleh Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang ditetapkan sebagai agenda internasional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. Kejuaraan dicapai dalam kapasitasnya mewakili Pemerintah Republik Indonesia pada kejuaraan/lomba/invitasi/pemilihan/sayembara di tingkat Internasional.

Kategori kejuaraan dikelompokkan menjadi:


  1. Kejuaraan bidang akademis adalah sains (ilmu pengetahuan)
  2. Kejuaraan bidang non akademis meliputi : teknologi tepat guna,  seni dan budaya, olahraga, keteladanan, Bela Negara, Nasionalisme, dan Kepramukaan

Demikian informasi terkait Kriteria kejuaraan sebagai nilai tambah dalam PPDB SMA Negeri di Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Semoga bermanfaat. (AS)

0 Response to "Kriteria kejuaraan sebagai nilai tambah dalam PPDB SMA Negeri di Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel