Isi Ramadan, Mahasiswa STIBI Syekh Jangkung Bikin Film

DIREKTORIJATENG.COM- Ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan saat bulan suci Ramadan. Di antaranya seperti yang dikerjakan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Budaya Islam (STIBI) Syekh Jangkung Pati ini.
Mahasiswa STIBI Syekh Jangkung Pati menggelar workshop membuat film, Jumat, 10 Mei 2019. (foto Fakhrudin)

Mereka menggelar workshop pembuatan film bersama Omah Dongeng Marwah (ODM) Kudus, Jumat 10 Mei 2019.

ODM merupakan kumpulan anak dan remaja kreatif yang telah berhasil membuat film edukatif. Karyanya berjudul "Mata Jiwa" telah ditonton dan diapresiasi oleh Kemendikbud akhir 2018 lalu. Anak-anak ODM juga tengah menyiapkan produksi film yang lain.

Adapun workshop berlangsung di Kampus STIBI Syekh Jangkung diikuti oleh puluhan mahasiswa Prodi (SKI) Sejarah Kebudayaan Islam. Mereka menerima sejumlah materi seperti manajemen produksi, teknik pembuatan skrip, teknik make-up artis dan wardobe, teknik pengambilan gambar, praktik penggabungan dari keseluruhan materi, dan menyusul editing video sebagai tahap akhir dari pembuatan film sebelum suatu karya diproduksi.

Wakil Ketua III STIBI Syeh Jangkung Abdul Mufid mengatakan, perkembangan perfilman di Indonesia saat ini sudah membaik. "Melalui kegiatan ini, mahasiswa, setidaknya mendapat gambaran sedikit maupun banyak, untuk dapat memproduksi film, dimulai dari film pendek tak apa," katanya.

Sebagai tindak lanjut, mahasiswa STIBI akan ditantang untuk membuat film yang edukatif.

Wakil Ketua I STIBI Syekh Jangkung, Edy Supratno mengatakan, Pegunungan Kendeng bisa menjadi garapan mahasiswa untuk membuat film. Menurutnya, Pegunungan Kendeng merupakan alam yang paling dekat dengan kampus STIBI. "Kalau kita membuat film pendek dengan mengupas manfaat kendeng bagi masyarakat, itu menjadi sebuah karya berharga yang dipersembahkan terhadap masyarakat dan memberi pesan, tentunya," katanya. (Fakhrudin, STIBI Syekh Jangkung)

0 Response to "Isi Ramadan, Mahasiswa STIBI Syekh Jangkung Bikin Film"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel