Objek wisata Pantai Suwuk Kebumen ditutup sementara

DIREKTORIJATENG.COM- Demi keselamatan, objek wisata Pantai Suwuk di Desa Tambakmulya, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah untuk sementara ditutup. Tingginya gelombang pasang laut selatan menyebabkan petugas menutup sementara objek wisata tersebut.

Air pasang laut sempat meluap hingga menbanjiri lapak-palak pedagang di Pantai Suwuk.  Pada Kamis lalu, ombak besar bahkan menerjang wisatawan di Pantai Suwuk Kebumen.

Berikut ini foto kondisi Pantai Suwuk yang diunggal oleh warganet. Tampak dalam foto, lapak-lapak pedagang di pantai porak poranda.


Saat kejadian itu, setidaknya ada tiga wisatawan yang mengalami luka-luka atas insiden itu. Mereka tergulung ombak saat bermain pasir. Menurut reportase NET, mereka bahkan sempat terseret sejauh 15 meter.

Mereka adalah Sabrina, Silaha dan Bimbim Alsa, wisatawan asal Purwokerto. Ketiganya langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk perawatan.

Pengelola obyek wisata Pantai Suwuk, Yayok, mengatakan penutupan dilakukan sejak Kamis 19 Juli 2018. Penutupan itu atas perintah Kepala Dinas Kepemudaaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen. Ia belum tahu kapan Pantai Suwuk bisa dibuka kembali untuk wisatwan.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena saat ini situasinya sangat tidak aman bagi wisatawan," ujar Yayok sebagaimana dikutip inikebumen.net.

Pemandu wisata, Sutarno mengaku sedikit kecewa atas penutupan objek wisata, Pihaknya sudah telanjur membawa anak-anak berlibur ke pantai. Namun tidak bisa bermain. "Panitia tidak bisa menyalahkan pengelola obyek ini. Nggak bisa menyalahkan anggota karena itu kondisi alam," katanya.

Wakapolres Kebumen, Kompol Prayudha Widiatmoko mengimbau kepada masyarakat agar tidak berwisata di Pantai Suwuk untuk saat ini.

"Karena ada (informasi) dari BMKG menyampaikan prediksi kerawanan gelombang tinggi yang bisa melebar ke bibir pantai," katanya, sebagaimana dikutip NET.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel