4 obyek wisata alam di sekitar Gunung Muria yang wajib dikunjungi

DIREKTORIJATENG.COM- Kabupaten Kudus, Jawa tengah (Jateng) memiliki sejumlah obyek wisata alam yang memesona. Sangat cocok sebagai jujugan bagi keluarga, komunitas maupun sepasang kekasih untuk bersantai. Direktorijateng.com kali ini berbagi informasi wisata alam di Kabupaten Kudus. Berikut selengkapnya:

1. Air Terjun Monthel

Air terjun Monthel. (istimewa)
Air terjun Monthel berada di Kawasan Pegunungan Muria. Tepatnya di sebelah utara Makam Sunan Muria. Untuk bisa mencapai lokasi, wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Kira-kita 1,5 Km dari pesanggrahan Colo.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemadangan hijau perkebunan kopi. Gemericik air dan kicauan burung juga turut mengiringi.

Hawa sejuk akan terasa jika sudah mendekati lokasi air terjum Monthel. Air jernih jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter mencipta gemuruh. Tempiasnya terasa sejuk.

Air jernih dan segar yang mengalir di antara bebatuan besar cukup memanjakan mata. Rasanya membuat pengunjung tak sabar lagi segera bermain air.

2. Mata Air Tiga Rasa

Air tiga rasa Rejenu. (istimewa)

Setelah puas bermain air dan menyaksikan eksotisme air terjun Monthel, wisatawan bisa beralih ke Wisata Sendang Tiga Rasa. Letaknya di atas Monthel, tepatnya di Dukuh Rejenu, Desa Japan, Kecamatan Dawe. Jaraknya sekitar 3 Km dari Pesanggrahan Colo.

Di Rejenu, pengunjung akan menemukan tiga sumber mata air dengan rasa yang berbeda. Sumber air yang pertama memiliki rasa tawar dan sedikit asam. Sumber kedua rasanya seperti minuman bersoda. Sedangkan sumber air ketiga rasanya mirip minumam keras.

Direktorijateng.com beberapa kali berkesempatan mencicipi rasa airnya. Dan benar, ketiga sumber air tersebut memiliki rasa yang berbeda. Anda ingin mencobanya?

3. Hutan Wisata Kajar

Hutan wisata Kajar. (Istimewa)

Obyek wisata hutan Kajar terletak tak jauh dari Wisata Colo. Jaraknya hanya sekitar 3 Km. Tepatnya berada di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Hutan Wisata Kajar merupakan kawasan hutan pinus. Panoramanya indah. Masyarakat di Kudus dan sekitarnya biasanya menggelar kegiatan perkemahan dan jelajah alam di kawasan ini. Terutama para anggota Pramuka.


4. Rahtawu

Pertapaan Begawan Eyang Sakri. (istimewa)

Rahtawu berada di kaki Gunung Muria. Di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang hijau. Bisa menyaksikan deretan pegunungan Muria. Juga sungai-sungai yang mengalirkan air jernih.

Pendaki gunung yang ingin menaklukkan puncak Songolikur bisa melalui jalur setapak di Pegunungan Rahtawu. Pengunjung juga akan menjumpai sejumlah petilasan dan tempat-tempat pertapaan., seperti petilasan Hyang Semar, Petilasan Abiyoso, Begawan Sakri, Lokojoyo, Dewi Kunthi, Makam Mbah Buton, Hyang Pandan, Argojambangan, jonggring dan Sendang Bunton. Nama-nama petilasan ini diambil dari cerita-cerita pewayangan. (AS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel