Baznas Provinsi Jawa Tengah salurkan beasiswa senilai Rp 475 juta kepada 401 pelajar

DIREKTORIJATENG.COM, SEMARANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah kembali menyalurkan zakat kepada salah satu asnaf. Kali ini zakat disalurkan kepada para pelajar dan mahasiswa (asnaf sabilillah) di Jawa Tengah dalam bentuk beasiswa.

Sekretaris Baznas Jawa Tengah, Ahyani menyampaikan, pentasharufan zakat kali ini merupakan periode yang kedua tahun 2016. Sebelumnya, Baznas telah menyalurkan zakat kepada fakir miskin.

"Kali ini beasiswa diberikan kepada 401 pelajar dan mahasiswa," katanyasaat penyerahan beasiswa Baznas di aula Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Rabu (7/9/2016).
Sebanyak 401 pelajar  menerima beasiswa dari Baznas Provinsi Jawa Tengah.
Ahyani menyebutkan, pelajar terdiri dari siswa SD/MI (101 orang) SMP/MTs (100 orang), SMA/MA (100 orang) hingga perguruan tinggi (100 orang). Siswa SD menerima beasiswa senilai Rp 500 ribu. Siswa SMP Rp 750 ribu, siswa SMA Rp 1 juta dan mahasiswa menerima Rp 2,5 juta.

"Total yang disalurkan Rp 475.500.000," katanya.

Secara simbolis, beasiswa rersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah kepada perwakilan pelajar.

Menurut Ganjar, pengelolaan zakat bisa dikenbangkan lebih luas lagi. Tidak hanya untuk pendidikan saja, tetapi juga untuk memecahkan persoalan kemiskinan.

"Tak hanya memberi tapi juga dikembangkan untuk unit usaha," katanya.

Gubernur juga mendorong agar pengelolaan Baznas semakin moderen dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik.

Pengurus Yayasan Khusnul Khotimah Semarang, Masdar Mashudi, menyambut baik penyaluran zakat Baznas berupa beasiswa. Baru kali ini siswa-siswinya mendapat beasiswa dari Baznas.

"Harapan ke depan perlu ditingkatkan dan dilanjutkan untuk memberi semangat. Mereka senang diberi santunan. Hampir 90 persen siswa di sekolah kami berasal dari keluarga tak mampu. Beberapa anak bahkan yatim," katanya.

Penerima beasiswa Baznas juga ada yang mahasiswa asing. Iftisan Kani (19) misalnya. Mahasiswi Farmasi Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) asal Thailand ini sangat berterima kasih.

"Terima kasih telah memberikan beasiswa kepada orang asing. Dikasih kami gembira," katanya.

Selain menyalurkan zakat dalam bentuk beasiswa, Baznas Provinsi Jawa Tengah juga akan menyalurkan dana zakat dalam bentuk rehab rumah. Ada 50 unit di Karanganyar dengan nilai total Rp 500 juta yang akan diserahkan. (AS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel