SMK Negeri 3 Semarang

DIREKTORI JATENG-  SMKN 3 Semarang beralamat di Jalan Atmodirono Raya No 7A Wonodri Semarang Selatan, Kota Semarang. Pada Penerimaan Peserta Didik (PPD) 2015 lalu, sekolah ini menerima siswa baru sebanyak 405 siswa. Ada lima kompetensi keahlian/ jurusan yang ditawarkan. Yaitu, Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) tersedia dua kelas, Teknik Gambar Bangunan (TGB) dua kelas, Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) tersedia tiga kelas, Teknik Audio Video (TAV) dua kelas dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) tiga kelas.

Peminat di SMKN 3 Semarang cukup tinggi, yaitu mencapai 1.718 pendaftar. Persaingan untuk bisa diterima cukup ketat, rasio antara pendaftar dengan kuota yang disediakan yaitu 1:3. Pada PPD 2015 jurusan yang paling diminati yaitu TKBB dengan jumlah pendaftar 335. Padahal kuota yang disediakan hanya 65.

Pada PPD sebelumnya, jurusan ini sempat sepi peminat. Hal itu lantaran masyarakat masih beranggapan lulusan jurusan TKBB nantinya menjadi tukang batu. Namun lambat laut masyarakat sadar jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang cerah.

Program keahlian TKBB cukup menjanjikan jika dibadingkan dengan program keahlian lainnya, seperti TKR dan TAV. Ahli madya setingkat SMA cukup sedikit jumlahnya. Sementara banyak perusahaan yang mengincar jasa mereka. Sampai-sampai para lulusan jurusan tersebut jual mahal memilih perusahaan yang bonafid sebagai tempat kerja.

Lulusan program keahlian TKBB biasanya bekerja di grade yang cukup tinggi. Lulusan tahun-tahun terakhir mendapatkan pekerjaan di level kedua, semisal tukang gambar atau perencana kontruksi. Dari 319 siswa yang lulus, hampir semua dilirik oleh kontraktor atau dunia industri. Perusahaan bahkan mulai merekrut mereka sejak Januari, jauh-jauh hari sebelum diwisuda.
Siswa SMKN 3 Semarang mengikuti kerja bhakti di sekolah. (www.smkn3smg.sch.id)
Siswa SMKN 3 Semarang mengikuti kerja bhakti di sekolah. (www.smkn3smg.sch.id)
Saat ini SMKN 3 Semarang menjalin kerjasama dengan 150 industri untuk pengembangan pendidikan, seperti magang dan sebagainya. Perusahaan yang siap merekrut lulusan juga cukup banyak, yaitu sekitar 50 perusahaan atau industri.

Jurusan TKBB SMKN 3 Semarang langganan juara LKS nasional



Saat ini SMKN 3 Semarang tengah mengembangkan unit produksi di bidang bangunan. Baik guru maupun siswa sering mendapatkan tugas untuk mengawasi proses pembangunan di lingkungan pendidikan Kota Semarang. Sebagai contoh rehab gedung sekolah X. Sekolah diminta untuk melakuka kajian hingga pengawasan.

Pengembangan unit produksi didasarkan atas kebutuhan masyarakat dan kapasitas yang dimiliki SMKN 3 Semarang. SMKN 3 memiliki tenaga ahli yang berkompeten asehingga bisa mendukung program tersebut.

Siswa SMKN 3 Semarang juga memiliki catatan yang baik di tingkat nasioanal. Dalam enam tahun terakhir, siswa program keahlian Teknik Kontruksi Batu Beton (TKBB) menjadi juara tingkat nasional. Diantaranya lomba kompetensi siswa (LKS). Yang sering juara adalah Plumbing. Lomba ini merupakan kompetensi mendesain dan memasang pipa air pada bangunan. Siswa beradu kemampuan memasang pipa agar tak bocor dan tak menyalahi estetika.

Kemudian LKS bidang breacklying, yaitu menata bata dengan memmerhatikan unsur seni. Dia mengatakan, pada 2013 pihaknya mengikutsertakan siswa yang maju pada LKS brecklying dan mewakili Indonesia di tingkat Asia Tenggara.

Prestasi yang diraih dalam waktu enam tahun terakhir merupakan buah dari kerja keras sekolah menyiapkan siswa. Sejak awal SMKN 3 Semarang memang mencari bibit-bibit yang potensial, terutama teknik kontruksi. Sekolah juga memiliki program mengunjungi perumahan atau proyek pembangunan besar. Hal itu untuk menginspirasi para siwa agar mampu menghasilkan karya yang baik.

Berikut ini daftar prestasi SMKN 3 Semarang beberapa tahun terakhir:

1. Bricklaying Bona Saka Aji LKS Tingkat Nasional tahun 2013 Juara 2.

2. Plumbing Bintang Putra Nusantara LKS Tingkat Nasional tahun 2013 Juara harapan 2.

3. Bricklaying Aji Budiarto LKS Tingkat Propinsi tahun 2013 Juara 2.

4. Plumbing Adam Fernanda LKS Tingkat Propinsi tahun 2013 Juara 1.

5. Plumbing Adam Fernanda LKS Tingkat Kota tahun 2013 Juara 1.

6. Bricklaying Aji Budiarto LKS Tingkat Kota tahun 2013 Juara 1.

7. Wall and Floor Tilling Banjaran Rosul LKS Tingkat Kota tahun 2013 Juara 2.

8. Autocad Bullding Burhanudin Komala LKS Tingkat Kota tahun 2013 Juara 2.

9. Electrical Installation Khoirul Amar LKS Tingkat Kota tahun 2013 Juara 3.

10. Plumbing Adam FernandaLKS Tingkat Nasional tahun 2014 juara 1

11. Auto cad Building Wahyu Anwaruddin LKS Tingkat Kota tahun 2014 juara 1

12. Bricklaying Wisnu Darma Adi Saputra LKSTingkat Kota tahun 2014 juara 1

13. Plumbing Irkham Khamdani LKS Tingkat Kota tahun 2014 juara 1

14. Bricklaying Wisnu Darma Adi Saputra LKS Tingkat Propinsi tahun 2014 juara 1

15. Bricklaying Wisnu Darma Adi Saputra LKSTingkat Nasional tahun 2014 juara 3

16. Wall and floor tiling Septian Anggi Pratama LKS Tingkat Kota tahun 2014 juara 2

17. Student Company Program Tim SMKN 3 tahun 2015 -The Most Favorite Creative Product -The Best Spirit Member

18. Karya Tulis Ilmiah Nenes Nurul F dan Vieri Eka FJuara tahun 2015 Harapan I Juara Harapan II. (AS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel