SMA Kesatrian 2 Semarang

DIREKTORI JATENG- SMA Kesatrian 2 Semarang beralamat di Jalan Gajah Raya No 58 Semarang. SMA Kesatrian 2 Semarang merupakan sekolah swasta di Kota Semarang yang menerapkan pembelajaran bilingual berbasis teknologi informasi. Siswa yang belajar di SMA Kesatrian 2 Semarang dituntut untuk menguasai IT dan Bahasa Inggris. Sebab, pembelajaran di sekolah tersebut dilakukan menggunakan dua bahasa.Pembelajaran juga didukung dengan IT.
Memasuki era implementasi kurikulum 2013 pihak sekolah mengupayakan kelengkapan fasilitas pembelajaran. Diantaranya fasilitas ber-AC. Tersedia komputer jaringan, CCTV dan LCD projector. Semua itu untuk mendukung pembelajaran berbasis IT di SMA Kesatrian 2 Semarang.
Selain dituntut agar fasih berbahasa Inggris, siswa juga ditekankan bisa membaca Alquran. Itu berlaku bagi siswa muslim. Sejak awal, pihak sekolah mengecek kemampuan membaca Aluran siswa. Begitu juga dengan kemampuan bahasanya. Dengan demikian, sekolah bisa memetakan kemampuan siswa untuk pembinaan lebih lanjut.
Untuk bahasa, SMA Kesatrian 2 Semarang menerapkan program matrikulasi bahasa Inggris. Program tersebut merupakan program massal yang wajib diikuti oleh semua siswa. Dalam hal ini sekolah sudah bekerjasama dengan kampung Inggris di Pare, Kediri Jawa Timur untuk pelaksanaan program.
Pementasan Drama SMA Kestrian 2 Semarang
Pementasan Drama SMA Kestrian 2 Semarang
Hasil matrikulasi selanjutnya akan diambil siswa dengan nilai yang tinggi untuk mengikuti camp Bahasa Inggris. Camp ini mirip dengan pesantren kilat. Melalui camp, siswa belajar Bahasa Inggris mulai dari masalah table manner dan sebagainya. Biasanya camp dilaksanakan pada tengah semester memanfaatkan masa liburan sekolah.
Camp dilakukan di luar lingkungan sekolah agar lebih berkesan. Selama camp beberapa hari, siswa SMA Kesatrian 2 Semarang wajib berbahasa Inggris dalam percakapan. Program ini cukup efektif meningkatkan kemampuan bahasa siswa. Siswa yang sudah mengikuti english camp biasanya lancar menggunakan bahasa Inggris di sekolah. Mereka juga tidak takut berkomunikasi dengan guru menggunakan Bahasa Inggris.
Pembinaan bahasa Inggris di SMA Kesatrian 2 Semarang diklakukan secara intensif. Untuk siswa kelas X ada program matrikulasi sedangkan siswa kelas XI ada english camp dan kelas XII penguatan TOEFL.
SMA Kesatrian 2 Semarang sangat disiplin. Di seluruh ruangan sudah dipasang CCTV untuk mempermudah pengawasan dan pembinaan siswa. Kedisiplinan siswa juga akan dicek, mulai dari jam berangkat, apakah tepat waktu atau tidak, termasuk juga pemenuhan tugas. Siswa juga diajak untuk mengampanyekan ucapan salam dan terima kasih kepada guru.

Daftar lewat jalur minat bisa langsung diterima

SMA Kesatrian 2 Semarang memiliki dua jalur sistem penerimaan siswa baru (PSB). Yaitu jalur minat dan umum. Calon siswa yang mendaftar melalui jalur minat bisa langsung diterima. Namun, untuk jalur umum harus mengikuti serangkaian seleksi. Syaratnya, nilai boleh di bawah 22. Hanya saja tidak mendaftar di sekolah negeri. Demikian informasi yang diperoleh pengentahuan.com.
Calon siswa yang mendaftar melalui jalur minat hanya mengikuti tes wawancara. Dalam wawancara tersebut, calon siswa akan ditanya soal minat dan kesungguhan sekolah di SMA tersebut.
Begitu juga calon siswa yang memiliki prestasi non akademik. Siswa berprestasi akan memeroleh perlakuan khusus. Prestasi yang dimiliki bersifat individual di tingkat provinsi maupun nasional. Untuk calon siswa berprestasi juga langsung diterima.
Setiap tahun SMA Kesatrian 2 Semarang biasanya menerima sebanyak 288 siswa baru untuk delapan kelas (data 2014). Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resmi sekolah: www.smakesatrian2.org. Calon siswa juga bisa datang langsung ke sekolah di Jalan Gajah Raya No 58 Semarang.
SMA Kesatrian 2 Semarang menyediakan beasiswa bagi siswa baru. Ada tiga macam, yaitu beasiswa prestasi dari yayasan, beasiswa dari Pemkot Semarang dan beasiswa dari Kemdikbud. 

Ekskul ajang pembibitan juara

SMA Kesatrian 2 Semarang sangat perhatian terhadap prestasi non akademik siswa. Hal itu terus dipacu melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang ada. Pihak sekolah bahkan menghadirkan pelatih khusus untuk mendukung kegiatan esktrakurikuler.
Ekskul yang dibuka di SMA Kesatrian 2 Semarang meliputi kegiatan pengembangan prestasi dan kegiatan untuk menyalurkan hobi siswa. Ekskul yang menjadi unggulan SMA Kesatrian 2 Semarang adalah dance.
Tim dance SMA Kesatrian 2 Semarang pernah memboyong trofi juara II tingkat provinsi. Setiap tahun pihak sekolah mengirimkan kontingen untuk berkompetisi pada ajang DBL. Pada ajang tersebut, selain kompetisi bola basket ada juga kompetisi dance.
Baca juga: Daftar SMA Kesatrian 2 Semarang lewat Jalur Minat Bisa Langsung Diterima
Tim selalu melakukan persiapan khusus untuk lomba dance. Konsepnya selalu bergantian saban tahunnya. Kebanyakan mengusung lokal wisdom.
Selain dance, tim futsal juga menunjukkan progres positif. Tim futsal SMA Kesatrian 2 Semarang pernah menang lomba futsal juara II tingkat Kota Semarang.(AS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel