Semar jadi maskot Pilgub Jateng 2018

DIREKTORIJATENG.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah akan  meluncurkan kegiatan Pemilihan Gubernur Jateng 2018 pada 29 Agustus 2017 mendatang di gedung Lawang Sewu Semarang. Demikian disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Jateng, Diana Ariyanti sebagaimana dirilis detik.com, Selasa (22/8/2017).

Peluncuran ini serentak untuk Pemilihan Bupati/ Wali Kota di sejumlah daerah. Seperti Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Temangung, Kabupaten Kudus, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Magelang.

Dalam peluncuran  kali ini, KPU Jateng juga akan memperkenalkan  maskot yang akan diusung dalam Pilkada Jateng 2018. Maskot yang yang dipilih yaitu karakter "Semar" (jateng.tribunnews.com). Karakter Semar didesain dengan ciri-ciri kharismatik, tersenyum, mata berkaca-kaca, rambut kuncung, gemuk, mengenakan jarit dan kaki beralaskan sepatu selop.
Semar jadi maskot Pilgub Jateng 2018
Semar jadi maskot Pilgub Jateng 2018

Mengapa Semar? 

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyampaikan, tokoh Semar dipilih setelah melalui kajian perkembangan politik di tanah air. Semar merupakan tokoh dalam pewayangan. Ia digambarkan sebagai pengasuh dan penasihat para kesatria dalam kisah Mahabarata dan Ramayana.

Hadirnya tokoh Semar yang dijuluki "Ki Lurah Badranaya"  dalam Pilgub 2018 diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi masyarakat. Juga menjadikan Pilgub Jateng 2018 bersih dan berintegritas sebagaimana karakter maskot (jateng.merdeka.com).

Berapa anggaran Pilgub Jateng? 

Anggaran untuk pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 mencapai Rp 992 miliar. Dana tersebut 70 % dialokasikan untuk pembiyaan tempat pemungutan suara (TPS). Yaitu untuk 64.171 TPS se-Jateng. Ada 8.559 desa dan kelurahan serta 573 kecamatan di Jawa Tengah. Anggaran ini sebagaimana naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).

Anggaran untuk Pilgub 2018 meningkat dari sebelumnya. "Jelas naik, ada perubahan undang-undang untuk mengamanatkan alat peraga kampanye dibiayai negara," kata Diana dikutip detik.com. (AS)

0 Response to "Semar jadi maskot Pilgub Jateng 2018"

Post a Comment