Kreatif, mahasiswa Undip ini olah terong jadi krispi, susu dan yoghurt

DIREKTORIJATENG.COM- Apa yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini cukup menarik. Terong yang biasanya hanya untuk sayuran dan lalapan diolah menjadi makanan olahan krispi, susu dan yoghurt. Mereka menciptakan Rumah Olahan Terong untuk usaha ini.

Siapa saja di balik Tumah Olahan Terong ini? Adalah Ali Iksan Adi Saputro mahasiswa Program Studi S1-Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Undip yang mengetuai proyek ini. Dia dibantu empat teman sekampusnya, yaitu  Mustika Suci Susilastuti, Fadia Primadesty Putri, Niken Kusumaningrum dan Sri Wahyuti Nuri Mawarni.

Kreatif, mahasiswa Undip ini olah terong jadi krispi, susu dan yoghurt
Susu terong, produk inovasi olahan terong karya mahasiswa Undip. (foto: Rumah Olahan Terong)

Rumah Olahan Terong ini memanfaatkan seluruh bagian terong tanpa sisa. Mulai dari daging hingga kulitnya. Kulit terong yang biasanya dibuang diyakini mengandung anti oksidan antosianin. Zat ini berfungsi menguragi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler.

Proyek Rumah Olahan Terong ini didanai oleh Program Kretaivitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2017.  “Saat ini sedang dalam tahap realisasi usaha untuk mempersiapkan monitoring dan evaluasi (Monev) yang akan diselenggarakan pada Juli 2017 mendatang,” kata Ali melalui keterangan tertulis.

Dia mengatakan, produk Rumah Olahan Terong rupanya mendapatkan sambutan yang baik. Terutama dari kalangan mahasiswa. Sebab, harganya pas dengan kantong mahasiswa. Ali menyebut, harga terong krispi Rp 7.000 per pack. Sementara harga susu terong Rp 5.000 dan harga yoghurt Rp 4.000 per botol.

“Kami juga menyediakan paket hemat. Semua produk seharga Rp 15.000 per paket,” kata Ali.
Dia menambahkan, pembeli juga tak perlu repot untuk mendapatkan produk olahan terong ini. Asalkan masih di area Tembalang, pesanan akan diantar.                         

Ali mengungkapkan, di antara tiga pruk olahan terong tersebut, terong krispi paling diminati. Terong krispi sangat cocok untuk camilan dan tersedia berbagai varian rasa.

Meski demikian, susu dan yoghurt terong memiliki unggulan tersendiri. Produk ini merupakan terobosan baru di pasaran. “Kedepan Rumah Olahan Terong akan terus membuat inovasi-inovasi produk lainnya untuk mengembangkan produk olahan,” katanya. (AS)

0 Response to "Kreatif, mahasiswa Undip ini olah terong jadi krispi, susu dan yoghurt"

Post a Comment