Menyantap mie ongklok di rumah makan Harmoni Wonosobo

Mie ongklok rumah makan Harmoni Wonosobo. (foto direktorijateng.com)
Mie ongklok rumah makan Harmoni Wonosobo. (foto direktorijateng.com)
DIREKTORIJATENG.COM, WONOSOBO - Rasanya ada yang kurang jika melintasi Kabupaten Wonosobo tanpa mencicipi kuliner khasnya. Wonosobo memiliki sejumlah kuliner khas. Satu diantaranya adalah mie ongklok. 

Kru direktorijateng.com berkesempatan mencicipi mie ongklok khas Wonosobo itu di Rumah Makan Harmoni yang berada di Jalan Raya Wonosobo-Kertek Km 5,8 Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2016).
Rumah makan Harmoni di Jalan Wonosobo-Kertek Km 5,8 Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. (foto direktorijateng.com)
Rumah makan Harmoni di Jalan Wonosobo-Kertek Km 5,8 Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. (foto direktorijateng.com)
Mie ongklok Wonosobo disajikan dalam mangkuk berukuran sedang. Sekilas, mirip mie ayam yang dijajakan di pinggir jalan. Ada taburan bawang dan potongan daging ayam di atasnya. Namun yang membedakannya adalah, mie ongklok dihidangkan dengan campuran sayur kol, daun kucai dan potongan tahu berukuran kecil. Kuahnya kental berwarna merah kecokelatan. Rasanya manis karena kuah tersebut dibuat dari tepung dengan campuran gula jawa.

Mie ongklok Rumah Makan Harmoni dihidangkan bersama dengan sate dan tempe kemul, mirip mendoan di daerah Banyumas. Kelezatannya menyatu dengan suasana alam yang asri. 
Pusat oleh-oleh khas Wonosobo Rumah Makan Harmoni. (foto direktorijateng.com)
Pusat oleh-oleh khas Wonosobo Rumah Makan Harmoni. (foto direktorijateng.com)
Sebagai informasi, Rumah Makan Harmoni menjadi tempat transit bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Wisata Dieng. Selain menjadi rest area, Harmoni juga menjajakan aneka oleh-oleh khas Wonosobo, seperti carica, jamu purwaceng dan lain sebagainya. (AS)

0 Response to "Menyantap mie ongklok di rumah makan Harmoni Wonosobo"

Post a Comment