SMK Negeri 7 Semarang

DIREKTORI JATENG- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Semarang berlokasi di Jalan Simpang Lima Semarang, Mugassari, Semarang Selatan. SMK ini tergolong dalam kelompok SMK unggulan berprestasi di Kota Semarang. SMKN 7 Semarang menduduki peringkat pertama untuk tingkat kelulusan siswa dan prestasi akademik di Kota Semarang. Bahkan di tingkat provinsi termasuk 10 besar SMK terbaik.

Sejak 2014 lalu, SMKN 7 Semarang mengajukan diri sebagai SMK rujukan. Tepatnya pada Senin, 13 Oktober 2014 SMKN 7 Semarang resmi menerima bantuan pembangunan sebagai SMK rujukan. SMK rujukan sama halnya dengan saat RSBI diberlakukan. SMK menjadi rujukan untuk beberapa sekolah lainnya. SMKN 7 Semarang saat ini memang sudah memenuhi syarat untuk menjadi SMK rujukan.

Kriteria yang harus dipenuhi, misalnya lahannya harus luas minimal 2000 meter persegi, memiliki bengkel-bengkel laboratorium, teaching factory untuk unit produksi dan sebagainya.

Pihak manajemen sekolah terus berupaya melengkapi fasilitas pendukung untuk mewujudkan pembelajaran berbasis IT di SMKN 7 Semarang. Kerjasama dengan industri pemasaran dan praktik kerja juga terus ditingkatkan. Sekolah menargetkan menggandeng 100 industri.
Gedung SMKN 7 Semarang. Sumber http://ppd.semarangkota.go.id/

Teknik Gambar Bangunan Paling Diminati

Setiap tahun, SMKN 7 Semarang menerima siswa baru sebanyak 610 siswa untuk 17 kelas. Ada sembilan jurusan yang bisa dipilih oleh para lulusan SMP. Yaitu Jurusan Teknik Gambar Bangunan, Teknik Kontruksi Batu Beton, Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Industri, Teknik Audio Video, Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Mekatronika.

Menurut data hasil pelaksanaan penerimaan pesera didik baru (PPDB) 2015, pendaftar di SMKN 7 mencapai 20.10. Padahal kuota yang disediakan hanya 610. Tingkat persaingan untuk bisa diterima di SMKN 7 Semarang rata-rata 1:3. Paling ramai peminat yaitu jurusan Teknik Gambar Bangunan. Pendaftar pada jurusan ini mencapai 280. Sementara kuotanya hanya 72 orang.

Lulusan jurusan Teknik Gambar Bangunan memang lagi dibutuhkan banyak di dunia kerja. Tahun 2014 saja 50 persen lulusannya langsung dikontrak kerja.

Sebagaimana sekolah lainnya, untuk bisa diterima di SMKN 7 Semarang, calon siswa harus mendaftar melalui PPD Online. Meski demikian, SMKN 7 Semarang juga menerapkan tes khusus. Di antaranya tes potensi akademik untuk masing-masing jurusan. Tes tersebut seperti tes bakat untuk memprediksi kompetensi jurusan yang dipilih calon siswa.

Pembelajaran pada jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 7 Semarang lebih menekankan pada praktikum. Siswa diajak mengerjakan proyek desain bangunan. Menurut guru jurusan Teknik Gambar Bangunan beberapa waktu silam, Agus Suhardiyanto, pembelajaran dilakukan secara bertahap. Pelajaran membuat gambar bangunan dimulai dari tahap terendah, yaitu membuat gambar bangunan dua dimensi hingga yang tertinggi yaitu gambar tiga dimensi.

Pembelajaran dilakukan lebih banyak praktik atau penugasan. Menurutnya untuk kelas II tugas yang dibebankan adalah manual rumah tidak bertingkat. Sementara siswa kelas III dan IV diberi tugas membuat gambar rumah bertingkat. Masing-masing manual dan menggunakan digital autocad.

Tak hanya itu, sebagai tugas akhir pada kelas IV, siswa juga merencanakan rumah dua lantai lengkap dengan ukuran tanah, yaitu 120 meter persegi. Biasanya setelah pengerjaan tugas usai ada pameran. Rancangan yang dibuat siswa dibuat maket sebagai syarat untuk kelulusan.

Selain gambar, siswa juga melengkapi dengan perhitungan rencana anggaran biaya kontruksinya. Siswa juga menyiapkan animasi untuk presentasi.

Inovasi gambar yang dikerjakan oleh siswa baik interior maupun eksterior tidak dibatasi pada tema tertentu.Siswa bebas berekspresi di bawah bimbingan guru. Hasil desain bangunan rumah pun sesuai selera masing-masing.

Prestasi SMKN 7 Semarang

Selain memiliki keunggulan di bidang akademik, SMKN 7 Semarang juga banyak menorehkan prestasi di berbagai bidang. Sepanjang 2013-2014 ada sebanyak 37 trofi kejuaraan tingkat provinsi hingga internasional yang diboyong ke sekolah.

Berikut ini daftar prestasi SMKN 7 Semarang dalam dua tahun terakhir:

1. Juara 1 mapel Fisika Terapan LKS tingkat Nasional
2. Juara 1 Champion Series Putih Abu abu Futsal se Jawa- Bali (Best Player, Top Scorer)
3. Juara 1 Kewirausahaan/Cyberpreneur kategori Network Engineering tingkat nasional (TKJ)
4. Juara Exelance WSC Wall and floor tilling di London, Inggris (a.n NUGROHO PRIYO UTOMO-TME )
5. Juara 1 photografi contest zooming in on biodiver5sity ( acb ) tingkat pelajar se-asean
6. Juara 1 lks nasional cadd Machine 2014 (TP)
7. Juara 1 Electrical Innovation Award tingkat jawa-bali (TPITL)
8. Juara 1 kontes mekanik yamaha motor tk. Jawa tengah (TKR)
9. Juara 1 lomba debat bahasa inggris dalam gelar prestasi bela negara tingkat jawa tengah
10. Juara 1 lomba debat bahasa inggris adc (australian debating championship) tingkat jawa tengah dan diy
11. Juara 1 kontes mekanik yamaha motor tk. Jawa tengah (TKR).(AS)

11 Responses to "SMK Negeri 7 Semarang"

  1. Kak kalo mau menjadi perserta didik baru taun 2017/2018, pendaftaranya dimuai tanggal berapa ya..??
    Tolong segera dijawab terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah memberikan tanggapan pada postingan direktorijateng.com. Penerimaan peserta didik sekolah negeri di Kota Semarang dilakukan secara online. Saat ini belum dibuka secara resmi. Informasi selengkapnya bisa diakses di web PPD Online Kota Semarang: https://ppd.semarangkota.go.id/

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Nem terendah yg diterima SMKN 7 Semarang tahun 2016 berapa?

    ReplyDelete
  4. NEM minimal masuk SMK 7 SEMARANG berapa kak?

    ReplyDelete
  5. kak nem minimal masuk SMK 7 SEMARANG berapa?

    ReplyDelete
  6. kak nem minimal masuk SMK 7 SEMARANG berapa ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada batasan NEM, tergantung seleksi akhir.

      Delete
  7. Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih telah mengunjungi website kami.

      Delete
  8. wah makasih buat infonya, itu kebanyakan yang kalo lulus langsung di konmtrak kerja yang banvgunan ya ? kenapa sih ? trus yang ambil tkj kemana aja ?

    ReplyDelete