SMK Negeri 5 Semarang

DIREKTORI JATENG- SMKN 5 Semarang berlokasi di Jalan Dr Cipto No 121 Karangturi Semarang Timur. SMKN 5 Semarang memiliki enam program keahlian yang bisa dipilih oleh para lulusan SMP. Yaitu, Teknik Gambar Bangunan (TGB) dengan kuota tiga kelas (106 siswa), Teknik Tenaga Listrik dengan kuota dua kelas (71 siswa), Teknik Pemesinan (TP) dengan kuota dua kelas (67 siswa), Teknik Otomotif Kendaraan Ringan dengan kuota tiga kelas (99 siswa), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan kuota tiga kelas (105) dan Teknik Transmisi Telekomunikasi dengan kuota hanya satu kelas (33 siswa).

Pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik (PPD) 2015, SMKN 5 Semarang membukukan catatan luar biasa. Peminat di sekolah ini mencapai 1.858 calon siswa. Padahal SMKN 5 Semarang hanya menerima sebanyak 481 siswa baru. Rasio antara pendaftar dengan yang akan diterima mencapai 1:4. Persaingan paling ketat nampak pada jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi dengan pendaftar sebanyak 193 orang. Padahal kuotanya hanya 33.

Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi memang menjadi ciri khas SMKN 5 Semarang. Jurusan ini telah dibuka sejak 2005. Merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Tengah. Teknik Transmisi Telekomunikasi merupakan jurusan yang langka. Di Indonesia saja hanya ada empat sekolah yang membuka jurusan serupa.

Informasi yang dihimpun pengentahuan.com, peluang kerja untuk jurusan tersebut cukup besar. Kompetensi keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi masih jarang dimiliki. Sehingga program keahlian tersebut menjadi program unggulan bagi SMKN 5 Semarang. Perusahaan provider yang membutuhkan tenaga jurusan tersebut juga semakin banyak.
Jurusan Transmisi Telekomunikasi SMKN 5 Semarang
Jurusan Transmisi Telekomunikasi SMKN 5 Semarang
Pembelajaran jurusan Telekomunikasi di sekolahnya didukung dengan beberapa laboratorium. Sekolah juga sudah memiliki dua menara dengan pemancar yang bisa digunakan untuk TV lokal dan radio lokal.

Lulusan SMKN 5 Semarang lebih cepat diterima kerja. Biasanya mereka sudah direkrut perusahaan sebelum pengumuman kelulusan. Catatan tahun 2014 menunjukkan, sebanyak 42 persen telah diterima kerja di perusahaan. Ada sejumlah 145 perusahaan provider maupun industri dan 20 kantor pemerintahan yang saat ini bekerjasama dengan SMKN 5 Semarang.
Teaching Factory untuk Mematangkan Keahlian Siswa

Selain pembelajaran secara reguler, SMKN 5 Semarang juga mengembangkan program teaching factory. Program tersebut didesain berbasis wirausaha yang diterapkan untuk masing-masing jurusan. Pada 2014, sekolah menerima bantuan sebesar Rp 300 juta untuk menunjang program teaching factory tersebut.

Dengan adanya program teaching factory siswa SMKN 5 Semarang bisa aktif memproduksi barang maupun jasa sesuai kompetensi keahlian yang didalami. Dengan demikian keahlian yang dimiliki semakin matang dan siap terjun di dunia kerja. Siswa juga bisa memasarkan hasilnya kepada masyarakat melalui program itu.

Sebagai contoh, sekolah menerima pesanan pembuatan pagar tralis, bangunan desain kontruksi atau perawatan perakitan komputer. Siswa bisa memproduksinya langsung.


Ekskul Paskibra Langganan Juara


SMKN 5 Semarang memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler sebagai ajang pengembangan bakat dan minat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 5 Semarang dilaksanakan rutin setiap minggu sekali.

Ekskul yang aktif saat ini ada sembilan. Di antaranya, ada Karate, Pramuka, Basket, Bola Voli, Tari, Rebana, Paskibra dan Futsal.

Baca juga: SMKN 5 Semarang Punya Teaching Factory untuk Mematangkan Keahlian Siswa

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler berhasil menorehkan prestasi dalam berbagai kejuaranan. Ekskul Paskibra merupakan satu di antara lainnya yang sering memboyong trofi ke sekolah. Even lomba Paskibra cukup banyak, sehingga tim SMKN 5 Semarang sering tampil. Tak hanya itu, pihak sekolah juga beberapakali menyelenggarakan kejuaraan Paskibra terbuka tingkat Kota Semarang maupun Provinsi Jateng.

Prestasi yang diraih SMKN 5 Semarang periode 2014-2015

1. Juara 2 Bola Basket Putra Tingkat Kota Semarang Tahun 2014
2. Juara 2 Bola Voli Putra Tingkat Kota Semarang Tahun 2014
3. Juara 1 Kejuaraan Karate Inkado (Komite Kadet 48 Kg Putra) Tingkat DIY – Jateng Tahun 2014
4. Juara 1 Pencak Silat Tingkat Kota Semarang Tahun 2014
5. Juara 2 Pencak Silat Tingkat Kota Semarang Tahun 2014
6. Juara 3 Peraturan Baris-Berbaris Tingkat Jateng dan DIY Tahun 2014
7. Juara 3 Formasi Pengibar Bendera Tingkat Jateng dan DIY Tahun 2014
8. Juara 2 Pencak Silat Tingkat Jawa Tengah Tahun 2014
9. Juara 1 Taekwondo Tingkat Kota Semarang Tahun 2014
10. Juara 1 Pencak Silat Tingkat Kota Semarang Tahun 2014
11. Juara 3 Pencak Silat Tingkat Kota Semarang Tahun 2014
12. Juara 1 Soetinggit Chef Sangga Putra Tingkat Binwil 1 Jateng
13. Juara 1 Wijaya Rover Challenge (WRC) Tingkat Gudep Kota Semarang
14. Juara 1 Character Painting Laga Sakti SMA 5 Semarang Tingkat Karesidenan Semarang Tahun 2015
15. Juara Umum Teladan Laga Sakti SMA 5 Semarang Tingkat Karesidenan Semarang Tahun 2015
16. Juara 1 Desain Logo LPK, GWSHM Tingkat Binwil Kwarcab Kota Semarang Tahun 2015
17. Juara 2 Desain LCTP, GWSHM Tingkat Binwil Kwarcab Kota Semarang Tahun 2015
18. Juara 2 Tata Upacara Tingkat Jawa – Bali Tahun 2015.(AS)

0 Response to "SMK Negeri 5 Semarang"

Post a Comment