SMK Negeri 2 Semarang

DIREKTORI JATENG- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Semarang berada di Jalan Dr Cipto Nomor 121 A Karangturi Semarang Timur. Peminat di SMKN 2 Semarang cukup banyak. Tahun lalu berdasarkan data Penerimaan Peserta Didik (PPD) pendaftar di sekolah tersebut mencapai 1.462. Padahal daya tampung yang disediakan hanya 428 kursi. Persaingannya cukup ketat, yaitu 1:3.

Meski demikian, peluang belajar di SMKN 2 Semarang cukup lebar. Lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan bakat khusus berpeluang besar diterima di SMKN 2 Semarang. Bakat yang dimaksud di antaranya, calon siswa pandai dalam bidang seni drama, tari dan kesenian lainnya. Hal itu dibuktikan melalui sertifikat prestasi yang dimiliki calon siswa saat mendaftar nantinya. Ini menjadi nilai plus yang menjadi pertimbangan saat seleksi. Selain berbakat, calon siswa yang memiliki prestasi peringkat pertama di sekolah asal juga memeroleh perhatian khusus.


Saat ini SMKN 2 Semarang mengelola lima jurusan, yaitu jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Pemasaran, Administrasi Perkantoran dan Akuntansi. Jurusan RPL dan Akuntansi menjadi jurusan primadona di SMKN 2 Semarang. Hal itu lantaran peluang pasar untuk kedua jurusan tersebut cukup luas. Dari hasil PPD 2015, jurusan RPL dengan kuota 36 diperebutkan oleh 168 pendaftar. Sementara jurusan UPW dengan kuota 72 diperebutkan oleh 192 pendaftar.


Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, selain harus mengikuti seleksi secara online, SMKN 2 Semarang juga menerapkan tes khusus. Seperti tes kesehatan, tes akademik tentang kemampuan atau pengetahuan penjurusan yang dipilih oleh calon peserta didik.


Tes tersebut sebenarnya untuk menjajaki seberapa besar minat serta pengetahuan calon peserta didik terhadap jurusan yang dipilihnya. Sebagai contoh, calon siswa yang berkeinginan menjadi pemandu wisata bisa masuk pada jurusan UPW dengan syarat memiliki kemampuan intelektual yang tinggi. Kemampuan berbahasa Inggrisnya juga harus bagus. Selain itu, parasnya juga harus ideal.

Gedung SMKN 2 Semarang. Sumber: http://ppd.semarangkota.go.id/
Gedung SMKN 2 Semarang. Sumber: http://ppd.semarangkota.go.id/
Pembelajaran Berbasis Wirausaha jadi Andalan
Memasuki era kurikulum 2013, SMKN 2 Semarang mengembangkan pembelajaran berbasis wirausaha. Pembelajaran tersebut menjadi pembelajaran unggulan di SMKN 2 Semarang. Anak-anak didorong untuk membuat produk. Jadi, SMKN 2 Semarang akan menjadi tempat untuk memproduksi karya siswa.

Produk-produk yang siap dihasilkan di antaranya karya lukisan, pakaian batik dan hasil keterampilan lainnya. Termasuk makanan ringan. Saban menjelang lebaran, SMKN 2 Semarang memproduksi makanan ringan untuk dijual. Hasilnya akan dibagi. Jadi siswa akan tetap dapat keuntungan.

Melalui pembelajaran berbasis wirausaha tersebut, siswa bisa belajar memproduksi hasil karyanya sekaligus memasarkannya. Sehingga, siswa benar-benar memeroleh pengalaman riil berwirausaha.

Untuk mendukung pembelajaran di sekolah, banyak beasiswa yang dikucurkan oleh berbagai pihak. Diantaranya, beasiswa BSM, Supersemar, Pemerintah Kota Semarang, Toyota, Djarum Foundation, Bogasari dan sebagainya. Sekolah juga menggandeng sekitar 100 perusahaan ternama di berbagai bidang.


Perhatikan Bakat Siswa

SMKN 2 Semarang mengusung misi “Mewujudkan Sekolah Menengah Kejuruan yang Berkualitas , Berkarakter dan Berbudaya Lingkungan di Era Global”. Sekolah ini, selain membekali siswanya dengan keterampilan kejuruan, juga memberikan wadah untuk mengekspresikan bakat dan minat siswa. Setidaknya ada sepuluh kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa. Yaitu, Paskibra, Pramuka, PMR, Teater, Debat Bahasa Inggris, Cheer leader, Rohis, Olahraga, Baca tulis Al Quran, Band dan Karya Ilmiah Remaja.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMKN 2 Semarang telah banyak menorehkan prestasi. Bahkan tim teater pernah juara nasional pada ajang FLS2N 2014 lalu. Pihak sekolah memang sangat memerhatikan bakat yang dimiliki siswa. Saat ajaran baru melalui MOS, masing-masing ekskul dikenalkan kepada siswa baru. Mereka dipersilakan mendaftarkan diri sesuai minat. Yang wajib diikuti satu dan sukarela satu.

Prestasi SMKN 2 Semarang yang diraih dua tahun terakhir:

1. Lomba Cerdas Cermat Koperasi SMA/SMK/MA kota Semarang Juara III Tingkat Kota
2. Lomba Karya Ilmiah Koperasi SMA/SMK/MA Kota Semarang Juara II Tingkat Kota
3. Lomba Penulisan Karya Ilmiah TTG TIingkat SMA/SMK/MA kota Semarang Juara Harapan I Tingkat Kota
4. Lomba Menulis Surat untuk Presiden dalam rangka Dies Natalis ke -33 Univ.PGRI SMG Juara Harapan I Tingkat JATENG
5. LKS Secretary Juara I Tingkat Kota
6. LKS Akuntansi Juara III Tingkat Kota
7. LKS Pemasaran Juara II Tingkat Kota
8. LKS Secretary Juara II Tingkat Nasional
9. Gerak Jalan Tiga Penjuru tingkat SMA Sederajat tahun 2014 kota Semarang Juara II Tingkat Kota
10. LKS Secretary Juara I Tingkat JATENG
11. LKS Tourist Industry Juara III Tingkat JATENG
12. GPBN Bahasa Mandarin Juara I Tingkat JATENG
13. Festival Teater berbahasa Jawa se-Jawa Tengah tahun 2014 Juara Harapan I Tingkat JATENG
14. Lomba Jimbara PMR tingkat SMA/SMK/MA kota Semarang JUARA III PRS ( Pendidikan Remaja Sebaya ) dan Grade B Tingkat Kota
15. Lomba Senam Aerobic tingkat SMA/SMK Kota Semarang tahun 2014 Juara Harapan I Tingkat Kota
16. Kejuaraan Karate INKAI kota Semarang USM CUP I Tahun 2014 Juara I Tingkat Kota
17. Lomba Gelar Kreativitas Paskibra tingkat SMA/SMK/MA Se-Kota Semarang tahun 2014 Juara I Tingkat Kota
18. Olimpiade Pahlawan Nasional asal Jawa Tengah tahun 2014 Juara Harapan I Tingkat JATENG
19. Lomba debat bahasa Inggris SMA/SMK kota Semarang tahun 2015 Juara Harapan I Tingkat Kota
20. POPDASMA/SMK/MA Tingkat kota Semarang tahun 2015 Juara III Tingkat Kota
21. Lomba Gelar Aksi Pemuda Pemudi PASKIBRA di SMAN 4 Semarang tahun 2015 Juara I Tingkat Keresidenan Semarang
22. Lomba Senam Aerobic pelajar SMA/SMK/MA tingkat kota Semarang 2015 Juara Harapan I Tingkat Kota
23. Lomba Koperasi Siswa tingkat kota Semarang tahun 2015 Juara I Tingkat Kota
24. Festival Lomba Nasionalisme dan Karkter Bangsa kategori Lomba Teater SMA/SMK Kota Semarang tahun 2015 Juara I Tingkat Kota
25. Festival Drama Pelajar SMA/SMK /Sederajat tingkat JawaTengah ilustrasi terbaik Tingkat Kota
26. Lomba Pidato SMA/SMK Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam tingkat kota Semarang tahun 2015 Juara II Tingkat Kota
27. Lomba Seni Nasionalisme Teater SMA/SMK Juara II Tingkat Propinsi JATENG.(AS)

2 Responses to "SMK Negeri 2 Semarang"

  1. Selamat malam mau tanyah kalo mau masuk sarat"buat masuk sekolah yg bapak pimpin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah memberikan tanggapan. Pelaksanaan PPDB SMK Negeri sekarang di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di laman: ppdb.jatengprov.go.id. Syarat, jadwal dan alur pendaftaran bisa dicek di laman tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel ini: http://www.direktorijateng.com/2017/06/jadwal-dan-alur-pendaftaran-ppdb-online_4.html

      Delete