SMA Karangturi Semarang

DIREKTORI JATENG- SMA Karangturi Semarang lebih menitikberatkan pada pendidikan karakter. SMA Karangturi tak sekadar mencetak siswa pandai saja, tetapi juga berkarakter. SMA Karangturi Semarang memiliki program khusus dalam pengembangan karakter peserta didik. Program tersebut dikenal dengan istilah 3B. Yaitu, semua anak baik, berbakat dan bisa naik kelas.
Penerapan pendidikan karakter di SMA Karangturi terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Juaga sejumlah kegiatan yang diadakan di sekolah. Untuk mengajak semua siswa menjadi baik, pihak sekolah mengajak siswa untuk mencintai bangsa dan sekolah. Hal itu diimplementasikan melalui kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Karangturi saban hari Senin. Meskipun tak ada agenda upacara, semua siswa tetap menyanyikan lagu dengan sikap yang benar.
SMA Karangturi juga melakukan pembinaan rohani bagi semua peserta didik sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Bagi peserta didik yang beragama Islam bisa belajar pendidikan Islam. Begitu juga peserta didik yang beragama Kristen, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu bisa belajar pendidikan agama masing-masing.
Siswa SMA Karangturi Semarang. (karangturi.sch.id)
Siswa SMA Karangturi Semarang. (karangturi.sch.id)
Dari informasi yang diperoleh pengentahuan.com, pembinaan keagamaan di SMA KArangturilebih mengutamakan bagaimana hubungan antaraumat beragama atau toleransi terhadap sesama. SMA Karangturi jarang mengadakan perayaan hari besar di sekolah. Sebab sekolah memiliki keyakinan jika sekolah itu tempat belajar. Meski demikian, aktivitas keagamaan tetap didukung. Dengan begitu, katanya, tak ada kesan pilih kasih. Sebab merayakan peringatan keagamaan dilakukan di tempat ibadah masing-masing.
Penerapan pendidikan karakter lainnya meliputi kegiatan membasuh kaki orangtua. Ini dilakukan pada saat wisuda. Ada acara khusus untuk siswa membasuh kaki orangtua. Hal itu untuk merekatkan hubungan antara anak dan orangtua.
Sementara itu, program semua siswa berbakat dilakukan lantaran sekolah menyadari kemampuan anak di samping akademik, anak juga memiliki bakat yang bisa dikembangan. SMA Karangturi memberikan kemudahan bagi anak berbakat. Bentuknya bukan beasiswa melainkan dalam bentuk keikutsertaan dalam berbagai ajang lomba. Mereka juga akan dilayani usai mengikuti lomba. Misalnya, mendapatkan fasilitasi untuk pelajaran-pelajaran yang ketinggalan melalui pelajaran tambahan.
Untuk melayani siswa berbakat, pihak sekolah menyediakan sebanyak 25 cabang ekskul yang meliputi bidang olahraga, kesenian dan klub. SMA Karangturi tak hanya menginginkan siswa memilih ekskul itu, kalau bisa menghasilkan prestasi. Hasil pembinaan ekskul selama ini menghasilkan prestasi yang cukup banyak. Misalnya, tim basket yang pernah menjuarai lomba tingkat Jateng. Tim paduan suara, cheerleader, wushu, band dan klub olimpiade juga sering memeroleh juara baik tingkat provinsi maupun nasional.
Adapun, untuk program semua siswa bisa naik kelas, sekolah menekankan pada proses pembelajaran. Sekolah menyadari setiap anak memiliki kecepatan pemahaman yang berbeda. Untuk itu, anak-anak yang kurang secara akademik akan memeroleh pendampingan guru. Ada sejumlah 65 guru profesional yang siap membimbing siswa. (AS)
Karangturi School
Raden Patah No. 182-192, Semarang, Jawa Tengah, 50127, Indonesia
Telepon: (024) 354 5882
Fax: (024) 354 7260
MT. Haryono No. 752-756, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Telepon: (024) 844 4934, (024) 844 7400
Fax: (024) 841 3756
Email: info@karangturi.sch.id
Web: www.karangturi.sch.id

0 Response to "SMA Karangturi Semarang"

Post a Comment