Peringati Hari Air Sedunia, Warga Banyumas Ramai-ramai Bersihkan Sungai Kranji

DIREKTORI JATENG- Warga Banyumas yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Sungai (FMPS) bersama jaajaran Pemerintah Kabupaten Banyumas, Kodim 0701 Banyumas, TP PKK Kabupaten Banyumas, Pramuka  melaksanakan kegiatan bersih Sungai Kranji, Minggu (15/5/2016).

Kegiatan tersebut diawali dengan apel persiapan, penempelan informasi tentang Mayarakat Tertib Sungai Terawat oleh TP PKK Kabupaten Banyumas, dan gerakan bersama membersihkan sungai di sepanjang sungai Kranji dari sebelah barat SMPN 1 Purwokerto sampai dengan Kantor Bakorwil III Jawa Tengah.

Kepala SDABM  Irawadi mengatakan, kegiatan bersih sungai merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeringati hari air sedunia XXIV 2016. Selain bersih sungai ada juga berbagai kegiatan lainnya seperti Funbike/Gowes, Lomba Gateball, Pameran dan pentas seni yang digelar di alun alun Purwokerto pada 21 Mei mendatang. 

“Lomba perahu hias di Kompleks Bendung Gerak Serayu dan Puncak Peringatan Hari air Sedunia Tingkat Provinsi Juga di Kompleks Bendung Gerak Serayu pada 22 Mei 2016," katanya.

Warga Banyumas melakukan kegiatan bersih-bersih Sungai Kranji.
Irawadi berharap dengan gerakan ini kondisi Sungai Kranji akan selalu bersih dan ekosistem yang berada di dalamnya akan terpelihara. "Diharapkan tidak lagi terjadi banjir karena sungai bersih dan kemanfaatan sungai akan dapat dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan kegiatan bersih sungai diharapkan menjadi agenda rutin. Khususnya oleh masyarakat yang berada di sepanjang Sungai Kranji. Dia juga meminta kegiatan bersih sungai mampu menggugah masyarakat, swasta dan pemerintah untuk mengapresiasi pentingnya air bagi kehidupan manusia.

“Saya minta masyarakat dan swasta untuk mengapresiasi kegiatan ini dalam bentuk tidak membuang sampah dan limbah ke sungai/saluran, menjaga kelestarian sumber air, menghemat penggunaan air, tidak mendirikan bangunan yang melanggar garis sempadan sungai dan saluran, ikut menjaga saran dan prasarana pengairan dan mengoptimalkan peran FMPS,” katanya. (AS)

0 Response to "Peringati Hari Air Sedunia, Warga Banyumas Ramai-ramai Bersihkan Sungai Kranji"

Post a Comment