Kwartir Ranting Karanglewas Banyumas Siapkan 40 Kegiatan Kepramukaan

DIREKTORI JATENG, PURWOKERTO- Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Karanglewas Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan Rapat Kerja Tahunan. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Kecamatan Karanglewas, Sabtu (7/5/2016). 

Rapat Kerja 2016 ini diadakan untuk merencanakan Program Kerja Kwarran yang akan dilaksanakan selama tahun 2016. Panitia mengundang 110 undangan yang terdiri dari 7 orang jajaran Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), 13 orang dari Majelis Pembimbing Desa (Mabisa), 45 orang dari Majelis Pembimbing Gugugus Depan (Mabigus) dan 45 orang Pembina Gudep. 

“Gerakan Pramuka sudah menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Untuk itu saya mengimbau semua Gugus depan bisa lebih aktif , rutin , dan bergairah,"  kata Kepala UPK Karanglewas selaku anggota Mabiran, Drs. Untung Sugiarto.

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Karanglewas Kabupateng Banyumas mengadakan kegiatan Rapat Kerja Tahunan. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Kecamatan Karanglewas, Sabtu (7/5/2016).
Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Karanglewas Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan Rapat Kerja Tahunan. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Kecamatan Karanglewas, Sabtu (7/5/2016).
  
Ketua Kwarran Karanglewas Dyah Tri Utami, S.Pd. menambahkan, tahun ini Kwarran merencanakan 30 kegiatan kepramukaan yang harus dikerjakan oleh pengurus Kwarran dan seluruh pembina pramuka di Kwarran Karanglewas. Dia berharap kegiatan itu bisa kita dilaksanakan dengan sukses, aman , dan lancar.

Peserta rapat cukup antusias. Banyak pertanyaan dan usulan. Program yang direncanakan pun bertambah menjadi 40 kegiatan. Kegiatan tersebut akan didukung oleh lima bidang , yaitu : Bidang Bina Muda ada 5 kegiatan , yaitu : Pesta Siaga Ranting, Gladian Pimpinan Barung, LCC Siaga , Pesta Siaga Cabang, Penyuluhan Pramuka Penegak. 

Bidang Bina Wasa ada 3 kegiatan , yaitu : Karang Pamitran , Pengumpulan Sertifikat , dan Pembuatan KTA. Bidang Manajemen dan Keuangan ada 10 kegiatan , yaitu : Mengaktifkan iuran anggota , Menggali dana dari sumber lain, Iuran Kwarran , Iuran Kwarcab , Pembuatan etalase , Pengadaan Mebelair, Pendataan Anggota Gudep , Pengumpulan laporan Keuangan, dan Penertiban Laporan.

Bidang Organisasi dan Hukum ada 13 kegiatan, yaitu : Rapat Pengurus Kwarran, Rapat Kerja Kwarran, Rapat Teknis Kerja Kwarran, Usulan Panca Warsa, Penertiban SK Ka Mabigus, Pendataan Potensi Pramuka, Lomba Gudep, Peringatan HUT Pramuka, MoU Pramuka Peduli, MoU dengan Instansi , Lomba Kwarran Tergiat, Akreditasi Gudep, dan Memantau kegiatan Gudep. 

Bidang Humas dan Abdimas ada 9 , yaitu : Kegiatan Amaliah Romadhon, PAM Lebaran, Silaturahmi Pengurus , Press Release ke Media Massa, Arsip foto / Video, Jumat Bersih , PSN, Perpustakaan Kwarran , Pelatihan Jurnalistik , dan Pelatihan Pramuka Tanggap Bencana Alam.(*)

Penulis: Sujiono, S.Pd., Kepala SDN 1 Karanggude UPK Karanglewas, Humas Pramuka Kwartir Ranting Karanglewas.

0 Response to "Kwartir Ranting Karanglewas Banyumas Siapkan 40 Kegiatan Kepramukaan"

Post a Comment