6 tempat menarik di Kota Semarang yang harus Anda kunjungi

DIREKTORIJATENG.COM, SEMARANG- Kota Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Merupakan pintu gerbang utama Jateng lantaran memiliki Bandar Udara (Bandara) Ahmad Yani. Semarang memiliki daya tarik tertentu bagi para pelancong domestik maupun mancanegara. Di antaranya adalah wisata tempat-tempat bersejarah yang tak pernah sepi dari kunjungan.

Redaksi Direktori Jateng akan mengulas secara singkat enam tempat menarik di Kota Semarang yang harus di kunjungi. Berikut ini daftarnya:

Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang. (betulcerita.blogspot.com)

Lawang Sewu merupakan sebuah gedung bersejarah di Indonesia. Lokasinya berada di tengah-tengah Kota Semarang, persis di bundaran Tugu Muda Jalan Pemuda. Gedung ini memiliki nilai sejarah tinggi. Gedung Lawang Sewu dibangun pada 1904 dan selesai pada 1907. Gedung tersebut pernah dijadikan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Kunjungan ke Lawang Sewu cukup tinggi. Terutama saat akhir pekan atau hari libur nasional. Selain bisa menyaksikan gedung Lawang Sewu, pengunjung juga bisa menyaksikan sejumlah koleksi foto yang dipajang. Foto-foto tersebut menceritakan aktivitas-aktivitas zaman dahulu. 

Tugu Muda

Tugu Muda Semarang. (tindaktandukarsitek.com)

Setelah dari Lawang Sewu, Anda bisa menyaksikan Tugu Muda yang berada tepat di tengah-tengah bundaran Jalan Pemuda. Tugu Muda merupakan penanda untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu Muda menggambarkan semangat juang dan patriotisme warga Semarang dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang. (triptrus.com)

Gereja Blenduk atau Gereja GPIB Immanuel berada di Jalan Letjend. Suprapto No 32 Kawasan Kota Lama Semarang. Jika Anda dari Tugu Muda, ambil saja jalan arah Surabaya.  

Gereja Blenduk merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Gereja ini dibangun oleh masyarakat Belanda pada 1753. Bangunannya sangat khas: bentuknya heksagonal (persegi delapan) dan kubahnya besar dilapisi perunggu.
Gereja ini pernah direnovasi pada 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde, yang menambahkan kedua menara di depan gedung gereja ini.

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong. (klentengtao.com)

Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong merupakan sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Zheng He / Cheng Ho, seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam. Sam Po Kong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). (seputarsemarang.com)


Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) berada di Gajah Semarang. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai pada 2006. MAJT berdiri di atas lahan seluas 10 hektare. MAJT diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada  14 November 2006.

Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum Rekor Dunia Indonesia. (muri.org)

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) berada di kawasan perindustrian Jamu Jago, Srondol, Semarang Selatan. MURI didirikan pada 27 Januari 1990 diresmikan oleh sekaligus dua Menteri Koordinator RI : Menko Kesra Soepardjo Roestam dan Menko Polkam Soedomo disaksikan oleh Ketua PMI, Ibnu Sutowo dan Gubernur Jawa Tengah, Ismail. MURI didirikan oleh Jaya Suprana demi menegakkan pilar-pilar kebanggaan nasional bangsa Indonesia agar bangsa Indonesia lebih mampu dan lebih mau menghargai karsa dan karya bukan bangsa asing namun bangsa Indonesia sendiri. 

Di MURI, Anda bisa menyaksikan sejumlah karya yang pernah memecahkan rekor tingkat nasional maupun internasional. (AS)

0 Response to "6 tempat menarik di Kota Semarang yang harus Anda kunjungi "

Post a Comment